Pembangunan Tol Kartasura-Klaten Ditargetkan Rampung Akhir 2023

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 03/Mei/2023 22:02 WIB
Pengerjaan tol Solo-Jogjakarta yang terus dikebut. Pengerjaan tol Solo-Jogjakarta yang terus dikebut.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pihak PT JogjaSolo Marga Makmur (JMM) menargetkan akhir tahun ini pengerjaan jalan tol tahap 1 seksi 1.1 sepanjang 22,3 kilometer dari Kartasura hingga Karanganom, Klaten rampung. Termasuk membangun overpass penghubung untuk tol Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) di gerbang tol (GT) Colomadu dengan tol Solo-Jogja.

Direktur Utama PT JogjaSolo Marga Makmur (JMM) Suchandra P. Hutabarat mengatakan, tahapan pengerjaan tol Solo-Jogja dikerjakan secara simultan. 

Baca Juga:
Pembangunan Jalan Tol Pertama di Jambi Sudah 54,2%, Target Rampung Juni 2024

“Berdasarkan target progres, pengerjaan jalan akan dirampungkan sampai Karanganom, Klaten di akhir tahun ini agar bisa segera dioperasikan. Tentu saja terlebih dahulu berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR,” bebernya, Rabu (3/5/2023).

Direktur Teknik PT JMM Pristi Wahyono menambahkan, progres pengerjaan jalan tol hingga stationing (STA) 13 berupa pengurukan tanah sudah 80 persen, sedangkan pengurukan di STA 1-6 sudah selesai. Untuk STA 7 ke utara atau arah Klaten sudah ada timbunan.

Baca Juga:
Jalan Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Nilai Rp 9,9 Triliun

Pristi menargetkan pengurukan tanah hingga STA 13 rampung Juni mendatang. Dilanjutkan pengerjaan beton atau rigid pavement jalan. Mulai dari capping layer atau lapis penompang, lantai kerja hingga rigid pavement atau pengerasan jalan.

PT JMM menargetkan pengerasan jalan hingga STA 13 selesai September mendatang. Menyusul menggarap STA 0, yaitu pembangunan overpass yang menyambungkan existing Colomadu dengan tol Jogja-Solo.

Baca Juga:
Proyek Tol Japek II Selatan Paket Paket Sukabungah-Kutanegara-Sadang Selesai Tahun Ini

Mengurangi dampak pembangunan overpass terhadap kelancaran lalu lintas di jalan arteri Solo-Semarang, PTJMM akan memberlakukan manajemen traffic. (fhm)