5 Nama, Rute dan Kelas Kereta Api Baru Mulai 1 Juni 2023, Tiketnya Sudah Bisa Dipesan Loh!

  • Oleh : Fahmi

Senin, 15/Mei/2023 11:04 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ada lima kereta api baru yang dihadirkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai 1 Juni 2023 seiring dengan penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

“Pengoperasian 5 KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Berikan Tarif Khusus Kereta Api, Ini Rutenya!

Ke lima KA tersebut yaitu KA Pandalungan relasi Gambir - Jember pp, KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp, KA Argo Merbabu relasi Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng pp, KA Manahan Gambir - Solo Balapan pp, dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Solo Balapan pp.

Adapun untuk kelas pelayanannya yaitu KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 gerbong eksekutif, KA Argo Semeru terdiri dari 9 gerbong eksekutif, serta KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi. 

Baca Juga:
KAI Gelar Promo Bursa Pariwisata, Tebar Tiket Kereta Api Diskon 20 Persen

Pada tahap awal, KA Pandalungan, KA Manahan, dan KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan. Sementara KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Pandalungan seharga Rp300 ribu, KA Argo Semeru seharga Rp250 ribu, KA Argo Merbabu Rp200 ribu, KA Manahan seharga Rp200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30 ribu dan kelas ekonomi Rp20 ribu. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.

Baca Juga:
Terbaru! KA Majapahit Pakai Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation Beroperasi 25 Maret 2024

Karena pembelian tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan sejak H-30, masyarakat sudah bisa membeli tiket KA-KA tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

KA Pandalungan menawarkan rute baru dari Gambir - Jember pp, pada kelas eksekutif. Rute ini merupakan rute perdana yang menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh. 

Sementara, KA Argo Semeru, KA Argo Merbabu, KA Manahan, dan KA Banyubiru menawarkan alternatif perjalanan kereta api kelas eksekutif pada rute-rute favorit yang telah ada sebelumnya. 

Nama Pandalungan adalah sub-suku Madura yang mendiami daerah Tapal Kuda di Jawa Timur di luar Pulau Madura yang merupakan wilayah utama suku Madura. 

Adapun nama KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu diambil dari nama gunung-gunung tertinggi di pulau Jawa. Sementara, KA Banyubiru terinspirasi dari nama kawasan di sekitar Ambarawa, adapun KA Manahan terinspirasi dari sebuah stadion sepak bola yang megah dan menjadi ikon Kota Surakarta.

“Dengan penamaan tersebut, diharapakan kelima kereta api tersebut dapat sukses dan besar, serta dapat memberikan pelayanan yang terus meningkat bagi masyarakat,” kata Joni.(fhm)