LRT Jabodebek Hampir Rampung, Operasional Tanpa Masinis

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 17/Mei/2023 08:11 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Progres penyelesaian Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek tercatat sudah mencapai 93 persen. Moda transportasi ini akan dibuka secara gratis terlebih dahulu mulai 12 Juli 2023.

Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI, Mochamad Purnomosidi, mengatakan sebelum LRT rampung total 100 persen, perusahaan akan melaksanakan trial run atau uji coba mulai awal pekan depan.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Sabtu 15 Juni 2024, Tarif Promo Terjauh Berlaku Loh!

"Mulai Senin kita akan coba trial running, masa kita mencoba LRT beroperasi sebagai mana nanti beroperasi berbayar. Kemarin Sabtu kita sudah apel bersama semua stakeholder dan petugas kita siapkan," tuturnya saat ditemui di GBK, Ahad (14/5).

Dia menuturkan, uji coba yang akan dilaksanakan selama 2 bulan merupakan masa di mana LRT Jabodebek beroperasi secara normal tanpa penumpang untuk menguji kesiapan ketika situasi darurat melibatkan pihak rumah sakit, Basarnas, dan TNI/Polri.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Kamis 13 Juni 2024, Sekarang Tarifnya Jadi Segini!

"Satu yang kita sedang exercise adalah bagaimana kita apabila terjadi kondisi emergency. Misalkan kereta anjlok, penumpang sakit, atau gempa dan kebakaran," jelas Mochamad.

Uji coba tersebut, menurut dia, juga diperlukan untuk memastikan kesiapan teknis LRT Jabodebek mengingat moda transportasi ini akan beroperasi tanpa awak atau masinis.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Selasa 11 Juni 2024, Tarif Terjauh Rp 10.000 Berlaku di Jam Ini

"Kita enggak pake masinis ya, even terjadi masalah itu bagaimana fungsi dari train attendant akan bekerja sehingga tidak mengganggu operasi. Itu akan kita simulasi di masa trial run ini, ketika itu selesai bisa 100 persen insyaallah," pungkas Mochamad.

Adapun LRT Jabodebek memiliki dua line yakni Green Line dari Bekasi Timur hingga Dukuh Atas, serta Blue Line yakni dari Cibubur hingga Dukuh Atas dengan hub di Stasiun Cawang.

Mochamad memastikan seluruh stasiun LRT terintegrasi dengan Halte Transjakarta. Sementara di Stasiun Halim, kata dia, LRT Jabodebek akan juga akan tersambung dengan KCJB.

Setelah peluncuran perdana 12 Juli 2023 mendatang, operasional LRT Jabodebek baru akan berbayar atau komersial (commercial operation date/COD) pada 17 Agustus 2023 bersama Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang saat masih dalam tahap testing dan commissioning.