Angkasa Pura I Layani 269 Kloter Haji 2023 di 6 Bandara

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 23/Mei/2023 13:50 WIB
Situasi keberangkatan Calon Jamaah Haji tahun 2022 di bandara Angkasa Pura I Situasi keberangkatan Calon Jamaah Haji tahun 2022 di bandara Angkasa Pura I

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I menyatakan kesiapan untuk melayani penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji tahun 2023. Angkasa Pura I menyiapkan 6 bandara yang menjadi bandara embarkasi dan debarkasi.

Enam bandara itu ialah Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

Baca Juga:
489 Petugas Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia di Mekah dan Madinah

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyatakan kesiapan enam bandara dalam menyambut Angkutan Udara Jamaah Haji 2023.

"Angkasa Pura I bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi dalam pelayanan penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji di tahun ini dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan. Kami secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan Angkutan Udara Jamaah Haji selama proses embarkasi dan debarkasi," ujar Faik Fahmi, Senin (22/5/2023).

Baca Juga:
5,3 Juta Penumpang Gunakan Pesawat di 20 Bandara AP II Selama Angkutan Lebaran 2023

Pelaksanaan embarkasi Angkutan Udara Jamaah Haji tahun 2023 di bandara Angkasa Pura I akan dimulai pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023, serta pelaksanaan debarkasi akan dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023. 

Direncanakan sebanyak 102.696 calon jamaah Haji akan dilayani pada tahun 2023, atau mengalami pertumbuhan sebesar 119% dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 46.881 calon jamaah Haji.

Baca Juga:
15 Bandara Angkasa Pura I `Zero Accident` Selama Periode Lebaran 2023

Berdasarkan ketetapan dari Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Angkasa Pura I akan melayani sebanyak 269 kloter, dengan rincian Bandara Adi Soemarmo Solo melayani 95 kloter, Bandara Juanda Surabaya melayani 84 kloter, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani 41 kloter, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani 20 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin melayani 17 kloter, serta Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani 12 kloter.

Angkasa Pura I mempersiapkan sebanyak 1.690 personel operasional yang terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), airport security (Avsec), dan personel operasional yang bertugas di area sisi udara. Dari total 1.690 personel, sebanyak 127 personel Avsec akan bertugas khusus untuk melaksanakan pemeriksaan barang bawaan dan calon jamaah Haji di Asrama Haji. Proses pemeriksaan keamanan yang berlokasi di Asrama Haji tersebut ditujukan untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan calon jamaah Haji.

"Adapun langkah tersebut antara lain adalah melalui penyesuaian jam operasional bandara, penyesuaian kategori fasilitas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) sesuai dengan tipe pesawat terbesar yang digunakan, menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di Asrama Haji, serta memastikan kesiapan personel operasional," lanjut Faik Fahmi

Faik Fahmi menyatakn, pelayanan Angkutan Udara Jamaah Haji merupakan salah satu tugas utama Angkasa Pura I dalam peranannya untuk mendukung program Pemerintah. 

"Tentunya kami berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik demi mendukung kelancaran perjalanan para calon jamaah Haji menuju Tanah Suci," pungkas Faik Fahmi.