Proyek Terowongan MRT, Lalin di MH Thamrin dan Merdeka Barat Direkayasa

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 24/Mei/2023 14:24 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT MRT Jakarta menginformasikan adanya rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Mei hingga Juni 2023. Hal itu dampak dari pembangunan terowongan jalur MRT rute Monas-Harmoni CP201.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menjelaskan, pekerjaan konstruksi CP201 MRT Jakarta Fase 2A hingga saat ini masih terus berlanjut. Dia menyebut, ada pula beberapa pekerjaan yang sedang berlangsung untuk mendukung pembangunan MRT Jakarta.

Baca Juga:
Penandatanganan Paket Kontrak 205 MRT Jakarta Disaksikan Menhub

Antara lain, pembangunan tunnel atau terowongan jalur MRT Jakarta Monas-Harmoni (TBM-1) dan pekerjaan peningkatan stabilitas tanah dengan metode power blender untuk entrance 1 Stasiun Monas (TBM-2). Mesin TBM-1 dan TBM-2 yang digunakan dalam konstruksi CP 201 MRT Jakarta telah berhasil menghubungkan Stasiun Thamrin dengan Stasiun Monas pada 15 Desember 2022.

Pun mesin tersebut berhasil menghubungkan Stasiun Bundaran HI dengan Stasiun Thamrin pada 20 Maret 2023. Adapun, TBM-2 saat ini sedang melakukan pengeboran terowongan northbound dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni.

Baca Juga:
Sudah Beroperasi 5 Tahun, MRT Jakarta Angkut 102 Juta Penumpang

Sementara, mesin TBM-1 akan memulai pekerjaan pengeboran terowongan southbound dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dengan total panjang sekitar satu kilometer. Sebelum pekerjaan pengeboran dilakukan, mesin TBM-1 akan terlebih dahulu dibongkar untuk kemudian diangkat dan dibawa dari sisi utara Stasiun Bundaran HI menuju sisi utara.

Stasiun Monas melalui pintu masuk silang barat daya di kawasan Monas. Ahmad menerangkan, pekerjaan dan pembongkaran serta pengangkatan dilakukan secara parsial. Pertama, pekerjaan pengangkatan mesin TBM-1 dilakukan di sisi utara Stasiun Bundaran HI.

Baca Juga:
Kartu Multi Trip Ticket MRT Bakal Dihapus, Penumpang Harus Pakai Apa?

"Selama pekerjaan berlangsung pada tanggal 15, 19, dan 23 Mei 2023 pukul 22.00-04.00 WIB akan dilakukan penutupan dua lajur kendaraan Jalan M.H Thamrin sisi barat setelah proyek Gedung Indonesia One hingga depan Gedung Lippo Thamrin," kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Selasa (22/5/2023).

Kedua, mesin TBM-1 akan dibawa menuju Stasiun Monas melalui Jalan MH Thamrin. Kemudian, masuk ke kawasan Monas melalui pintu silang barat daya pada jadwal tersebut. Sementara pekerjaan power blender untuk konstruksi entrance-1 Stasiun Monas di Jalan Museum akan dilakukan pada 29 Mei hingga 30 Juni 2023, yang dikerjakan pada pukul 22.00-04.00 WIB.

"Selama pekerjaan berlangsung, Jalan Merdeka Barat akan terokupansi kurang lebih 1,5 meter untuk mengakomodasi jalur pedestrian. Sehingga pada pukul 04.00-22.00 WIB jalur pedestrian akan kembali menggunakan eksisting (Jalur Jalan Merdeka barat tidak terdampak)," kata Ahmad.

Menurut Ahmad, Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) selaku kontraktor pelaksana CP201 bersama PT MRT Jakarta memastikan selama proses konstruksi berlangsung, kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan tetap terjaga, yakni dengan memasang rambu lalu lintas, marka jalan, dan lampu penerangan jalan umum.

"PT MRT Jakarta mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek MRT Jakarta Fase 2. Selain itu, kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memperhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di lapangan," ujar Ahmad.