Kereta Bandara Soekarno-Hatta Sampai ke Stasiun Bekasi, Ini Persiapannya

  • Oleh : Fahmi

Senin, 29/Mei/2023 14:06 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah berencana untuk mengoperasikan kereta api bandara hingga ke Bekasi. 

Rencananya rute perjalanan kereta api dari dan ke Bandara Soetta akan menuju sampai ke Stasiun Bekasi, dengan rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri, hingga Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya.

Baca Juga:
3,5 Ribu Lebih Orang Gunakan KA Bandara Soekarno Hatta pad Senin 12 Juni 2023

Integrasi dapat dilakukan termasuk menjangkau hingga ke Stasiun Bekasi, karena KA bandara saat ini dikelola oleh KAI Commuter sehingga bisa diselaraskan dengan jadwal KRL. Saat ini, kereta bandara hanya beroperasi dari Bandara Seokarno Hatta-Manggarai maupun sebaliknya.

"Kita juga ingin menjangkau lebih jauh sampai ke Bekasi. Kita akan lakukan dari Bekasi, Jatinegara, Senen, Kampung Bandan, Duri, ke Soetta," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Senin (29/5/2023).

Salah satu upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan layanan kereta api dari dan ke Bandara Soetta adalah dengan menyediakan counter check-in dan bagasi di stasiun kereta api, sehingga memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya.

"Orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang. Kami akan pikirkan bagaimana check in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di stasiun Manggarai atau Bekasi. Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan. Kemudahan-kemudahan ini yang akan kami upayakan," tuturnya.

Upaya lainnya yang akan dilakukan untuk meningkatkan layanan kereta api yaitu: meningkatkan jumlah kereta api dari yang saat ini berjumlah 40 trainset menjadi 56 trainset, sehingga akan meningkatkan kapasitas angkutnya.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendukung upaya pemerintah pusat untuk mengintegrasikan antar moda transportasi seperti: kereta api, Damri, Transjakarta dan moda lainnya agar saling melengkapi.

"Kami mendukung usulan-usulan yang disampaikan, salah satunya yaitu agar Bus Transjakarta bisa masuk ke bandara di jam tertentu untuk kemudahan karyawan bandara. Semoga kemudahan-kemudahan ini bisa dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya," ucap Heru.