Hadapi Lonjakan Penumpang Libur Panjang, Angkasa Pura II Tingkatkan Kesiapan Fasilitas Layanan di 20 Bandara

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 04/Jun/2023 18:32 WIB
Suasana di area bandara Kualanamu yang merupakan kelolaan Angkasa Pura II. Suasana di area bandara Kualanamu yang merupakan kelolaan Angkasa Pura II.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara di kelolaan PT Angkasa Pura II pada hari ini menyambut arus balik libur panjang akhir pekan 1 - 4 Juni 2023. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan persiapan sudah dilakukan bersama dengan seluruh stakeholder di seluruh bandara kelolaannya.

Baca Juga:
Persiapan Angkasa Pura I Layani Penumpang Pesawat saat Angkutan Lebaran 2023

“Titik penting di dalam arus balik libur panjang ini adalah pada penanganan bagasi penumpang pesawat oleh pihak ground handling. Kami harapkan dengan kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder, penanganan bagasi oleh ground handling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian diambil penumpang di area baggage claim di terminal," ujar Awaluddin dalam keterangan resmi, Ahad (4/6/2023).
Selain itu, untuk melayani keluar masuk penumpang yang akan terbang juga dipersiapkan area penumpang yang baik.

Juga area pendaratan hingga tempat ketersediaan pesawat juga dipersiapkan dengan baik. Hal itu untuk memberi pelayanan kepada penumpang yang akan mengakhiri libur akhir pekan ini.

"Alokasi parkir pesawat di tengah meningkatnya lalu lintas penerbangan harus direncanakan dengan baik untuk mendukung kelancaran kedatangan para penumpang pesawat,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Di samping itu, kecukupan armada transportasi publik di bandara AP II juga sangat penting guna mengakomodir kebutuhan penumpang pesawat.

“Bandara AP II berkoordinasi dengan operator transportasi publik untuk memastikan pelayanan sesuai level of service yang ditetapkan dan kecukupan armada. Kami berharap seluruh operator transportasi publik dapat maksimal dalam memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Sementara itu, executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan seluruh fasilitas layanan dan operasi di Bandara Soekarno-Hatta telah dipastikan siap untuk melayani tingginya lalu lintas penerbangan pada hari ini. 

“Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Berdasarkan informasi dari maskapai, pada arus balik hari ini diperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 186.745 penumpang dengan sebanyak 1.265 penerbangan,” ujar Dwi Ananda Wicaksana. 

Sebagai upaya untuk juga memastikan aspek pelayanan, Dwi Ananda Wicaksana menuturkan Bandara Soekarno-Hatta memastikan kebersihan seluruh fasilitas publik. 

“Kecukupan personel dan prosedur dipastikan sesuai kebutuhan untuk memastikan kebersihan fasilitas publik. Kebersihan fasilitas publik merupakan salah satu upaya bandara AP II dalam mewujudkan journey experience terbaik,” jelas Dwi Ananda Wicaksana. (fhm/omy)