Sertifikasi TOT Pendidikan dan Pelatihan Mengemudi, Kakorlantas: Hasilkan Pengemudi yang Berkeselamatan

  • Oleh : Bondan

Selasa, 06/Jun/2023 14:41 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (tengah). Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (tengah).

JAKARTA (BeritaTrans.com) -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi membuka kegiatan Sertifikasi Training Of Trainer (TOT) Pendidikan dan Pelatihan Mengemudi seluruh Indonesia dan Asesmen Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) Level 4 Instruktur/Trainer Korlantas Polri yang berlangsung selama 3 hari di Gedung NTMC Polri, Selasa (6/6/2023).

Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan seluruh dunia sudah memberikan atensi tentang dekade keselamatan jalan, tentunya Indonesia sebagai salah satu negara anggota PBB wajib menindaklanjuti apa yang menjadi konsen negara-negara dunia karena kecelakaan di dunia ini lebih banyak dari pada korban perang.

Baca Juga:
Korlantas Polri Bahas Pelayanan Prima Kamseltibcarlantas Pada Libur Nasional Dalam Workshop Rekayasa Lalu Lintas Pelabuhan Merak

“Jadi apa yang kita saksikan selama ini di jalan bahwa fakta tidak bisa kita tutupi atau kita hindari keselamatan jalan itu tidak bisa lagi kita katakan sebagai sesuatu yang kecil, karena dari keselamatan jalan ini bisa berpengaruh pada banyak hal ekonomi sosial dan lain sebagainya,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Dengan memperhatikan keselamatan jalan, semua menjadi perhatian dan harus dilaksanakan secara bersama-sama, dimana jalannya harus baik, sistemnya juga harus baik, pengemudi harus baik, kendaraan harus baik, serta pasca pertolongan kecelakaan itu juga harus dilaksanakan dengan baik yang bertujuan untuk memastikan bahwa korban kecelakaan lalu lintas itu bisa ditekan.

Baca Juga:
Dirgakkum Korlantas Jajal LRT: Ini Solusi untuk Permasalahan Lalu Lintas di Jalan

“Saya katakan tadi anak didik yang akan menjadi tanggung jawab para instruktur ini bisa betul-betul tertanam bahwa berlalu lintas itu bukan hanya sekedar bisa mengemudi, tetapi ada faktor lain yang lebih besar,” ungkap Kakorlantas Polri.

Dengan memiliki tanggung jawab, toleransi, hak dan kewajiban, pengetahuan dan keterampilan, serta kesehatan ini menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan, harus berada di jalan bersama-sama untuk keselamatan.

Baca Juga:
Dirgakkum Korlantas Polri Ingatkan Point Penting Pelaksanaan Operasi Patuh 2023

“Tumpahkanlah semua ilmu yang ada dengan bahasa yang tentunya mudah dimengerti oleh para peserta didiknya, untuk mencetak pengemudi yang berkeselamatan memiliki attitude, sopan santun di jalan, dan toleransi tanggung jawab,” tambahnya.

Kegiatan Sertifikasi sudah berjalan sejak tahun 2020 yang dicanangkan tentang dekade keselamatan dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dengan total peserta 250 pada gelombang sebelumnya, dan hari ini hadir 200 peserta dari seluruh Indonesia.

Pembukaan kegiatan sertifikasi dihadiri Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dan jajaran Korlantas Polri. (Dan)