Panglima TNI Ajak Pemimpin Militer Se-ASEAN Pertahankan Perdamaian di Kawasan

  • Oleh : Dirham

Kamis, 08/Jun/2023 12:07 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengajak pimpinan militer se-ASEAN untuk mempertahankan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. Hal itu diungkapkan Panglima Yudo saat memimpin sidang ke-20 ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) di Candi Ballroom, Apurva Kempinski Hotel, Nusa Dua, Bali, pada Rabu (7/6/2023).  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengajak pimpinan militer se-ASEAN untuk mempertahankan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. Hal itu diungkapkan Panglima Yudo saat memimpin sidang ke-20 ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) di Candi Ballroom, Apurva Kempinski Hotel, Nusa Dua, Bali, pada Rabu (7/6/2023). 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengajak pimpinan militer se-ASEAN untuk mempertahankan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. Hal itu diungkapkan Panglima Yudo saat memimpin sidang ke-20 ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) di Candi Ballroom, Apurva Kempinski Hotel, Nusa Dua, Bali, Rabu (7/6/2023). 

"Hal ini membutuhkan komitmen serta kontribusi ASEAN dalam mempertahankan perdamaian kawasan di mana ACDFM menjadi pusat dari kerja sama militer yang dibentuk di ASEAN," kata Yudo Margono, dikutip dari siaran pers Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Kamis (8/6/2023).

Dia juga mengatakan bahwa TNI yang ditunjuk sebagai ketua ke-20 ACDFM, mengangkat tema "Peace, Prosperity, and Security". 

Yudo Margono menyebutkan bahwa makna dari peace, prosperity, and security dari segi keamanan adalah Indonesia senantiasa memprioritaskan kawasan yang aman, damai, dan stabil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa-bangsa Asia Tenggara. 

"Untuk mewujudkannya, Indonesia memerlukan dukungan melalui kerja sama dengan negara-negara anggota, dengan tetap berpegang pada sentralitas ASEAN di kawasan," ujar Yudo Margono. 

Untuk diketahui, beberapa kesepakatan yang diambil pada pertemuan ACDFM ke-20 ini, di antaranya mendukung perluasan kerja sama ASEAN, khususnya di bidang pertahanan. 

Di pengujung sidang, Yudo Margono melaksanakan serah terima keketuaan atau Chairmanship ACDFM tahun 2024 kepada Panglima Angkatan Bersenjata Laos. 

"Sama halnya dukungan yang diberikan oleh para Panglima Angkatan Bersenjata negara anggota ASEAN kepada TNI, Panglima TNI juga akan senantiasa memberikan dukungan penuh bagi keketuaan selanjutnya, yaitu dalam sidang ke-21 ACDFM di Laos," kata Yudo Margono. (ds/sumber Kompas.com)