Hari Laut Sedunia, Menteri Trenggono Sidak Pencemaran dan Reklamasi di Batam

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 08/Jun/2023 23:08 WIB
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono melakukan sidak di lokasi reklamasi ilegal di kawasan Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (8/6/2023). Menteri Trenggono mengimbau pihak-pihak yang ingin berkegiatan menetap di ruang laut, termasuk kegiatan reklamasi, untuk mengurus izin dasar PKKPRL lebih dulu untuk memastikan kegiatan tersebut tidak mengancam keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut. Kunjungan kerja Menteri Trenggono di Batam sekaligus untuk memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh setiap 8 Juni. Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono melakukan sidak di lokasi reklamasi ilegal di kawasan Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (8/6/2023). Menteri Trenggono mengimbau pihak-pihak yang ingin berkegiatan menetap di ruang laut, termasuk kegiatan reklamasi, untuk mengurus izin dasar PKKPRL lebih dulu untuk memastikan kegiatan tersebut tidak mengancam keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut. Kunjungan kerja Menteri Trenggono di Batam sekaligus untuk memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh setiap 8 Juni.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono merayakan World Oceans Day (WOD) atau Hari Laut Sedunia yang diperingati hari ini dengan membuktikan komitmennya dalam menjaga keberlanjutan ekologi, khususnya dari pencemaran limbah maupun reklamasi ilegal yang banyak terjadi di perairan Kota Batam, Kepulauan Riau.

Menteri Trenggono meninjau lokasi pencemaran di perairan Tanjun Bemban, Kota Batam, Kamis (8/6/2023). Pesisir Tanjung Bemban belakangan dicemari material kimia berwarna hitam yang ditemukan berceceran di pantai dan menempel di bebatuan. 

Baca Juga:
Kementerian-KP Raih Pengakuan Standar Internasional Anti Suap

Diduga, material tersebut terbawa arus dari tengah lautan. "Salah satu concern kami adalah menjaga ekologi laut kita supaya bersih dan baik. Untuk itu saya minta tim PSDKP untuk melakukan investigasi kapal-kapal yang melintasi perairan ini," ungkapnya saat meninjau langsung lokasi pencemaran di Tanjung Bemban.

Pihaknya menduga material tersebut adalah limbah yang berasal dari kapal-kapal besar yang melintasi perairan Batam. Perairan Tanjung Bemban sendiri berbatasan langsung dengan perairan Johor Malaysia, dan menjadi lintasan kapal-kapal niaga dari dan menuju Singapura.

Baca Juga:
KKP Pastikan Stok Ikan Aman Menjelang Idulfitri, Cold Storage Terisi 68 Ribu Ton Ikan

Selain temuan kali ini, Menteri Trenggono sudah beberapa kali menerima keluhan dari Gubernur Kepulauan Riau mengenai adanya pencemaran di wilayahnya. Untuk itu, upaya pencegahan akan dilakukan secara maksimal.

Upaya yang dilakukan diantaranya memperketat patroli lapangan dengan kapal-kapal pengawas, serta mengoptimalkan teknologi satelit untuk memantau pergerakan kapal dan tumpahan yang terjadi di laut. 

Baca Juga:
Kementerian-KP Atur Kuota Wisata di Kawasan Konservasi Nasional

"Karena ini sering kejadian. Bukan hanya sekali. Dan kalau nanti ditemukan kapal-kapal yang melakukan pencemaran, kita akan tindak dan kita laporkan ke lembaga internasional supaya mereka hati-hati terhadap limbahnya dan tidak membuang sembarangan lagi," tegas Menteri Trenggono.

Selain pencemaran, Menteri Trenggono juga fokus menindak kegiatan-kegiatan reklamasi tak berizin yang terjadi di Kota Batam. Pihaknya sudah melakukan penyegelan di beberapa tempat dan hari ini di kawasan Teluk Tering.

Seluruh kegiatan di area reklamasi seluas 3.000 meter persegi itu langsung dihentikan. Pemilik diminta mengurus Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) sebagai izin dasar melakukan kegiatan menetap di ruang laut, termasuk kegiatan reklamasi.

"Ini adalah satu contoh yang kami tertibkan. Ada pemiliknya di sini. Sekarang dia baru mengurus (PKKPRL). Idealnya adalah sebelum dilakukan reklamasi ini mustinya urus dulu. Lalu kemudian akan dilihat apakah boleh ini dibuat untuk reklamasi. Karena menyangkut soal ekologi," paparnya.

Menteri Trenggono pun mengimbau pihak-pihak yang ingin melakukan reklamasi untuk mengurus perizinan lebih dulu. Prosedur tersebut untuk memastikan kegiatan yang dilakukan tidak mengancam keberlanjutan ekosistem pesisir.

"Apa yang kita lakukan ini demi kepentingan ekologi. Supaya kita tetap bis menjaga laut tetap sehat dan baik," pungkasnya.(fhm)