Jelang Genap 23 Tahun Mengudara, Lion Air Laksanakan Donor Darah dan Bakti Sosial di 23 Kota

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 25/Jun/2023 13:45 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Lion Air melakukan kegiatan sosial dalam rangka memperingati 23 tahun perjalanan perusahaan sejak mulai terbang perdana pada 30 Juni 2000. Pada 23 Juni 2023 kemarin dilakukan kegiatan donor darah serentak untuk menyambut perayaan peringatan tersebut.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, dalam momentum ini, Lion Air memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan melaksanakan donor darah serta bakti sosial di 23 kota di seluruh Indonesia.

"Lion Air menyampaikan ucapan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) atas dukungan yang luar biasa dalam pelaksanaan kegiatan donor darah," ujar Danang dikutip Ahad (25/6/2023).

Danang mengungkapkan, PMI memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketersediaan darah yang memadai di Indonesia serta kolaborasi PMI dan Lion Air membuktikan komitmen bersama dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Lion Air juga mengucapkan terima kasih kepada pengelola bandar udara (Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Unit Penyelenggara Bandar Udara), para stakeholders di industri penerbangan, mitra perusahaan, penumpang, pengunjung, karyawan Lion Air Group, serta karyawan instansi-instansi yang berperan dan telah menolong banyak orang yang sangat membutuhkan darah untuk kelangsungan hidup.

Fakta-fakta menarik terkait pelaksanaan kegiatan sosial:

1. Semangat kemanusiaan lebih dari 23.000 karyawan

Melalui kegiatan sosial ini, Lion Air ingin mendorong semangat kemanusiaan kepada masyarakat. Kegiatan ini bukan sekadar donor darah biasa, tetapi memiliki manfaat yang menyehatkan bagi pendonor (untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan).

2. Tujuan pengumpulan 2.300 kantong darah dari partisipasi seluruh pihak

Kegiatan donor darah ini berhasil atas partisipasi aktif dari penumpang, pengunjung, karyawan Lion Air Group dan karyawan instansi-instansi lain yang terlibat. Semangat kepedulian terhadap sesama yang ditunjukkan oleh semua pihak berperan penting dalam mencapai manfaat bersama.

3. 23 kota fokus bakti sosial

Bandaranya yaitu Banda Aceh (BTJ), Kualanamu (KNO), Padang (PDG), Batam (BTH), Palembang (PLM), Lampung (TKG), Jakarta (CGK), Bandung (BDO), Solo (SOC), Semarang (SRG), Surabaya (SUB), Bali (DPS), Lombok (LOP), Labuan Bajo (LBJ), Kupang (KOE), Pontianak (PNK), Balikpapan (BPN), Makassar (UPG), Kendari (KDI), Gorontalo (GTO), Manado (MDC), Ambon (AMQ) dan Jayapura (DJJ).

4. 23 Cabang PMI

Palang Merah Indonesia (PMI) di 23 kota/ daerah memiliki peran sentral dalam menjaga ketersediaan darah di Indonesia. Melalui kerjasama ini, Lion Air berkontribusi terhadap PMI dalam mengumpulkan darah dan menjalankan kegiatan donor darah secara efektif.

5. Donor darah di 23 bandar udara

Didasarkan tujuan Lion Air dan PMI untuk memberikan kesempatan bagi penumpang dan karyawan berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini, terdiri Bandar Udara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, Kualanamu di Deli Serdang, Minangkabau di Padang, Hang Nadim di Batam, Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Radin Inten II di Lampung, Soekarno-Hatta di Tangerang, Husein Sastranegara di Bandung, Adi Soemarmo di Solo, Jenderal Ahmad Yani di Semarang, Juanda di Sidoarjo, I Gusti Ngurah Rai di Badung Bali, Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Praya, Komodo di Labuan Bajo, Eltari di Kupang, Supadio di Kubu Raya, SAMS Sepinggan di Balikpapan, Sultan Hasanuddin di Maros, Haluoleo di Konawe Selatan, Djalaludin di Gorontalo, Sam Ratulangi di Manado, Pattimura di Ambon, dan Sentani di Papua.

6. Meningkatkan ketersediaan darah

Fokus utama distribusi ke 23 rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di masing-masing wilayah (23 kota). Lion Air dan PMI menyadari pentingnya pasokan darah yang memadai untuk mendukung kesehatan dan membantu bagi yang membutuhkan.

7. Optimalkan metode 2 dan 3 yang efektif

Metode ini melibatkan pemeriksaan (screening) oleh 2 orang dan pengambilan darah setiap 3 orang peserta donor. Pada tahap pemeriksaan, dua orang petugas kesehatan yang terlatih melakukan proses pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa calon pendonor memenuhi persyaratan medis dan kelayakan melakukan donor darah. Pemeriksaan meliputi pengukuran tekanan darah, detak jantung, tingkat hemoglobin, serta wawancara mengenai riwayat kesehatan dan gaya hidup.

8. Partisipasi aktif lebih dari 230 volunteer

Peserta termasuk dari pramugari dan pramugara adalah cermin dari semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang kuat. Dengan kerja keras, kerjasama dan dedikasi mereka, kegiatan donor darah dan bakti sosial terlaksana sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

9. Serentak pada 23 Juni

Lion Air menggelar pelaksanaan sebagai puncak kegiatan bakti sosial yang telah dilaksanakan di 23 kota. Tanggal ini dipilih sebagai momen istimewa, karena melambangkan kesatuan dan kebersamaan dalam upaya membawa kebaikan kepada sesama.

10. 23 yayasan tujuan bakti sosial 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di lingkungan sekitar. Difokuskan memberikan santunan kepada yayasan yatim piatu, panti jompo, dan lembaga sosial lainnya yang membutuhkan. Lion Air berharap bahwa melalui bakti sosial dengan berbagi kepada sesama, Lion Air dapat memberikan manfaat bagi yayasan tersebut.

11. Komitmen terhadap Masyarakat

Lion Air dan PMI memiliki komitmen yang kuat terhadap kesejahteraan masyarakat. Menggelar donor darah di 23 kota, berupaya memberikan manfaat nyata di berbagai wilayah Indonesia.

12. Kolaborasi melibatkan lebih dari 23 jajaran manajemen Lion Air 

Kolaborasi yang mewakili berbagai departemen/ divisi. Mencerminkan komitmen perusahaan dalam melibatkan semua lini dalam upaya memberikan manfaat sosial yang berkelanjutan dan positif bagi masyarakat di berbagai kota.

13. 23 Tahun Lion Air

Kegiatan ini merupakan bagian perayaan momentum 23 tahun Lion Air sejak terbang perdana pada 30 Juni 2000. Dalam rangka memperingati perjalanan selama dua dekade lebih, Lion Air ingin memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi.