Tol Cisumdawu Masih Gratis, Setelah Uji Coba Tarifnya Jadi Segini

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 15/Jul/2023 13:26 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

SUMEDANG (BeritaTrans.com) - Meski telah diresmikan sejak Selasa (11/07) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga hari ini Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) belum bertarif alias masih gratis.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tarif Jalan Tol Cisumdawu masih gratis selama dua hingga tiga minggu ke depan usai diresmikan oleh Presiden.

Baca Juga:
Diskon Tarif Jalan Tol 20 Persen Arus Balik Berlaku hingga 19 April 2024

"Kira-kira 2-3 minggu uji coba gratis (lewat Tol Cisumdawu), tapi tergantung Standar Penilaian Minimum atau SPM-nya. Biasanya secara Standar Operasional Prosedurnya 2 minggu setelah jalan tol diresmikan baru bisa dikenakan tarif," Kata Basuki Hadimuljono

Lebih lanjut Menteri PUPR menyebutkan tarif Tol Cisumdawu akan diberlakukan setelah periode operasional gratis melintasi jalan bebas hambatan penghubung Bandung-Majalengka ini selesai ditetapkan pihaknya.

Baca Juga:
Diskon Tarif Tol 20 Persen Berlaku Mulai Hari Ini, Ini Daftarnya!

Menteri Basuki Hadimuljono menyatakan tarif gratis masa uji coba Tol Cisumdawu ini berlaku di Seksi 4-6 yang baru selesai dibangun penghubung Cimalaka-Legok-Ujung Jaya-Dawuan.

Nantinya, lanjut Menteri Basuki, tarif Tol Cisumdawu setelah masa uji coba selesai diperkirakan akan sebesar Rp 1.275 per kilometer (km).

Baca Juga:
Diskon Tarif Tol 20% untuk Mudik Lebaran Mulai Berlaku

Menurutnya besaran tarif ini jauh lebih murah karena mendapatkan dukungan Pemerintah sebesar 50 persen atau Rp 9,07 triliun dari total dana pembangunan.

“Dukungan dari pemerintah tersebut tentunya dapat menekan tarif Tol Cisumdawu (menjadi lebih murah),” ujarnya.

Basuki lanjut menjelaskan Jalan Tol Cisumdawu terkoneksi sepenuhnya dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Tol Cisumdawu sudah terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan dan Bandara Kertajati. Saya sebelumnya sudah menjajal Jalan Tol Cisumdawu dari Kertajati," ucapnya seperti dikuti dari Pemkab Sumedang

Menurut Basuki, Tol Cisumdawu ini difungsikan untuk mendukung operasional Bandara Kertajati agar lebih maksimal ke depannya, di mana tahun ini Bandara Kertajati menjadi lokasi keberangkatan 25 kloter Jamaah Haji.

Dengan adanya Tol Cisumdawu ini, maka masyarakat dari Bandung dan sekitarnya yang hendak menuju Bandara Kertajati dan daerah-daerah di sekitarnya tidak perlu lagi memutar ke arah Tol Cipali dan Tol Cipularang.

"Misalnya ketika libur Natal - Tahun Baru, masyarakat Bandung kalau mau ke Cirebon tidak lewat Cipali lagi, langsung ke sini ke Tol Cisumdawu. Dengan tol ini sekarang cuma membutuhkan waktu 40 menit kalo dari ujung Tol Cileunyi sampai Tol Cipali," Pungkasnya.(fhm)