Dirjen Hubdat Kampanyekan Keselamatan Jalan di Sumsel

  • Oleh : Naomy

Minggu, 16/Jul/2023 14:23 WIB
Pemberian alat keselamatan bertransportasi oleh Dirjen Perhubungan Darat Pemberian alat keselamatan bertransportasi oleh Dirjen Perhubungan Darat

PALEMBANG (BeritaTrans.com) - Dalam rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2023, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno kampanye keselamatan jalan di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Ahad (16/7/2023).

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Apresiasi Insan Transportasi Berkeselamatan di PNKJ 2023

Dia menyatakan bahwa keselamatan lalu lintas adalah hal prioritas yang harus kita jaga bersama dan harus dilaksanakan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

“Melalui Pekan Keselamatan Jalan ini yang harus diutamakan adalah keselamatan lalu lintas sehingga harus kita jaga bersama. Untuk itu, diperlukan sosialisasi dan kontribusi bagi semua pihak yang terkait agar kita mengerti dan memahami pentingnya berperilaku selamat di jalan,” urainya.

Baca Juga:
Libur Nataru, Kemenhub Prediksi 2,8 Juta Orang Keluar Jabodetabek

Menurut Dirjen Hendro, kegiatan PKJ pada pagi hari ini merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan masyarakat untuk menjaga keselamatan ketika berkendaraan sehingga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan jalan.

Makna dari PKJ menurutnya adalah bagaimana para pemangku kepentingan memikirkan cara untuk membuat masyarakat selamat dalam beraktifitas sehari-hari di jalan.

Baca Juga:
Menhub di Rakornis Hubdat: Siapkan Penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan Baik!

"Kalau kita lihat data kecelakaan di Indonesia tahun 2022 tercatat ada 131.000 kecelakaan dengan 26.000 korban meninggal dunia dan yang paling memprihatinkan adalah korban meninggal tersebut berasal dari usia produktif. Ini menjadi perhatian kita semua terlebih kebanyakan kecelakaan terjadi karena faktor manusia. Maka yang perlu dikerjakan bersama adalah bagaimana kita membangun dari faktor manusianya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas,” jabar Dirjen Hendro.

Dia bilang, keselamatan dapat terwujud dimulai dari kesadaran masyarakat dan pengguna jalan saat berkendara di jalan.

Senada dengan Dirjen Hendro, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumsel Denny Michels Adlan menyebutkan, PKJ di Sumsel menyasar kalangan pelajar, mahasiswa, komunitas dan masyarakat pengguna/pemakai jalan sehingga diharapkan mendapatkan informasi yang cukup tentang keselamatan berlalu lintas.
 
“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas, sekaligus meningkatkan keselamatan. Selain itu diharapkan dengan sosialisasi ini juga dapat mengurangi jumlah korban kecelakaan yang melibatkan pelajar sekolah maupun mahasiswa, utamanya juga adalah dapat terwujudnya budaya tertib berlalu lintas,” beber Denny.

Dalam laporan yang disampaikannya, dia menyampaikan, PKJ ini diikuti 1.257 peserta yang terdiri dari kegiatan jalan sehat dan lomba mewarnai. 

Selain itu juga dilakukan pembagian helm kepada pengemudi ojek online, pembagian life jacket, traffic cone, dan water barrier.

Hadir dalam  acara ini antara lain Direktur Sarana Transportasi Jalan Danto Restyawan, Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana, serta Kabid Audit dan Inspeksi Subdit Kamsel Ditlantas Polda Sumsel Fenny. (omy)