Dirjen Hubud Harap Bandara Minangkabau Pertahankan OTP 100 Persen pada Penerbangan Haji

  • Oleh : Naomy

Senin, 17/Jul/2023 18:22 WIB
Ketibaan jamaah haji di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat Ketibaan jamaah haji di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat


PADANG PARIAMAN (BeritaTrans.com)  – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan memastikan kedatangan kelompok terbang (kloter) pertama sebanyak 393 jemaah haji melalui Bandara Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (17/7/2023) berjalan selamat, aman dan memenuhi standar pelayanan Ramah Lansia.

Jemaah Haji yang diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 16.46 waktu setempat, tiba di Bandara Internasional Minangkabau Padang pada pukul 05.31 WIb menggunakan maskapai Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300 ER dengan nomor penerbangan GIA 3401.

Baca Juga:
Era Presiden Joko Widodo, Kemenhub Bangun 27 Bandara Baru

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni di Jakarta menyampaikan bahwa rata-rata On Time Performance (OTP) keberangkatan haji embarkasi Padang untuk tahun 2023 ini 100 persen, sama seperti tahun 2022 lalu.

"Embarkasi Padang tahun lalu meraih capaian OTP 100% dan mendapat piagam pelayanan haji yang sangat baik. Tahun 2023 ini pun kita berharap sampai kloter terakhir OTP-nya bagus," ujar Kristi.

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Ditjen Hubud melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang telah melakukan berbagai upaya persiapan untuk memastikan bahwa pelaksanaan kedatangan Jemaah Haji tahun 2023 ini berjalan dengan Selamat, Aman dan Nyaman, serta memenuhi kriteria Ramah Lansia.

Kolaborasi intensif antarkementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan terkait terus dilakukan. 

Baca Juga:
Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran 2024 Sukses, Dirjen Kristi Apresiasi Kolaborasi Semua Pihak

Begitu juga dengan pengecekan fasilitas penunjang di bandara, dilakukan secara berkala guna kelancaran kedatangan jemaah haji.

"Dalam melakukan pengecekan bandara, kami memastikan bahwa semua fasilitas dalam keadaan baik, dan dapat digunakan secara maksimal agar jemaah merasa nyaman saat tiba di Indonesia," ungkap Kristi.

Secara keseluruhan, jamaah haji Debarkasi Padang yang direncanakan tiba di Bandara Internasional Minangkabau berjumlah 6.606 jemaah yang terbagi menjadi 17 Kloter.

"Saya berharap, semua jemaah haji yang tiba di tanah air, pulang dalam keadaan sehat walafiat, dapat berkumpul kembali bersama keluarga tercinta," tutupnya. (omy)