Rusia Kerahkan 11 Kapal Perang Tambahan di Laut Hitam untuk Serang Ukraina

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 18/Jul/2023 15:10 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Di tengah perang dengan Ukraina, Rusia menambah jumlah kapal perang yang dikerahkan di Laut Hitam menjadi 11 unit.

Dari 11 kapal perang siap tempur itu, dua di antaranya adalah kapal pembawa rudal jelajah tipe Kalibr.

Baca Juga:
Rusia Mulai Uji Kesiapan Tempur Armadanya di Laut Hitam

“Situasi operasional telah berubah. Sekarang, ada 11 kapal perang di Laut Hitam," kata juru bicara Angkatan Laut Ukraina Dmytro Pletenchuk, seperti dikutip kantor berita negara Ukraina, Ukrinform, Senin (17/7/2023).

"Dan satu kapal pembawa rudal jelajah tipe Kalibr di Laut Mediterania—sejauh yang saya lihat, kapal itu kembali setelah diisi ulang,” katanya lagi.

Baca Juga:
Kapal Kargo Rusia Tenggelam di Laut Hitam, 15 ABK Terombang-ambing

Ditanya tentang peningkatan jumlah kapal tetapi bukan jumlah pembawa rudal, Pletenchuk mengatakan: “Ini adalah unit tempur yang berbeda. Mungkin pergerakan ini terjadi karena mereka merasakan adanya ancaman, misalnya di Teluk Sevastopol. Ada banyak alasan mengapa mereka berakhir di laut.”

Rusia menggunakan Armada Laut Hitamnya untuk melancarkan serangan rudal ke berbagai wilayah di Ukraina.

Baca Juga:
Kapal Kargo Tenggelam Akibat Cuaca Buruk di Laut Hitam, 2 ABK Tewas

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada bulan Mei dalam pembaruan intelijen tentang perang: “Pada malam 8-9 Mei 2023, kapal Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia meluncurkan 8 rudal jelajah serangan darat (LACM) SS-N-3-a SAGARIS melawan Ukraina. Ini hanya penggunaan kedua LACM Angkatan Laut Rusia yang dilaporkan sejak 9 Maret 2023.”

Kementerian itu menambahkan: “Hingga Maret 2023, Angkatan Laut Rusia sering meluncurkan SAGARIS. Rusia kemungkinan besar menangguhkan penggunaan senjata ini untuk sementara karena ingin membangun kembali stok cadangannya.”

"Dalam jangka pendek, Rusia kemungkinan melihat LACM sebagai kemampuan utama untuk menyerang jauh ke dalam Ukraina untuk mengganggu serangan balasan Ukraina yang diantisipasi. Namun, secara lebih strategis, Rusia juga melihat SAGARIS konvensional dan LACM lainnya memiliki peran penting dalam setiap konflik hipotetis dengan NATO," imbuh kementerian tersebut.

Kedua belah pihak yang bertikai telah saling meluncurkan serangan Angkatan Laut. Insiden yang paling menonjol adalah yang dialami "Saratov", kapal pendarat kelas Alligator Angkatan Laut Rusia yang berlabuh di Berdiansk, Ukraina, yang terbakar dan Kyiv mengeklaim telah menghantam dan menghancurkannya.

Kemudian "Moskva", kapal penjelajah peluru kendali Angkatan Laut Rusia, di mana Ukraina mengatakan mereka menggunakan rudal anti-kapal Neptune untuk menyerangnya dan kapal itu terbakar di laut yang deras.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kapal perang Moskva rusak parah setelah kebakaran menyebabkan ledakan amunisi, kemudian mengatakan kapal itu tenggelam.

Di kubu Ukraina, “A500 Donbas” (kapal komando Ukraina) terbakar pada April 2022 dan kemudian Kementerian Pertahanan Ukraina mengonfirmasi bahwa kapal tersebut hancur selama Pengepungan Mariupol.

Kemudian “L450 Stanislav", di mana media Ukraina melaporkan pada November 2022 hilangnya kapal serbu cepat kelas Centaur-LK tersebut selama serangan balik Ukraina Mei 2022 di Pulau Ular.

Dan bulan lalu, kapal perang kelas serbu kelas Centaur-LK Ukraina rusak di pelabuhan akibat serangan Rusia.

Pada bulan Mei, Rusia mengeklaim pasukannya telah menghancurkan apa yang disebutnya sebagai "kapal perang terakhir" Ukraina di pelabuhan Odesa dalam serangan rudal.(fhm)