Polisi Ungkap Penyebab Truk Tabrak Tiang Listrik KRL, Ikuti Google Maps hingga Gagal Putar Balik

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 25/Jul/2023 13:40 WIB
Instagram TMC Polda Metro Jaya.(fhm) Instagram TMC Polda Metro Jaya.(fhm)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Polisi mengungkapkan truk menyebabkan gangguan perjalanan KRL di jalur Kebayoran mengikuti petunjuk arah dari Google Maps. Truk kemudian gagal putar balik dan menabrak tiang listrik.

Berdasarkan keterangan sopir truk bernama Edy Sarwono, ia berangkat dari daerah Pulogadung dengan tujuan Lotte Mart Bintaro. Truk bermuatan pengharum ruangan itu menuju ke lokasi dengan melewati Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan keluar di Tanah Kusir Bintaro.

Baca Juga:
Perjalanan LRT Jabodebek Alami Gangguan di Stasiun Cikoko, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

"Karena tidak tahu alamat tujuan maka korban membuka Google. Oleh Google diarahkan ke TKP melalui Jalan Bintaro IV, sampai depan SMA 86 jalan sempit sehingga memutar arah," kata Kapolsek Pesanggrahan Kompol Tedjo Asmara dalam keterangannya, Selasa (25/7).

Namun, saat berusaha memutar balik, ban belakang truk tersebut masuk ke dalam got dan badan kendaraan mengenai tiang listrik. Akibatnya, perjalanan KRL di jalur dari dan menuju Kebayoran terdampak.

Baca Juga:
Gangguan KRL Senin Pagi, Sejumlah Perjalanan Terlambat hingga Hampir Satu Jam

"Tiang listrik juga miring arah dalam jalur kereta. Akibat kejadian tersebut perjalanan KA api dua arah terhenti," ucao Tedjo.

Tedjo menuturkan insiden itu tak hanya menyebabkan perjalanan KRL terganggu. Tetapi juga menyebabkan ruas jalan di lokasi tak bisa dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat, sebab truk melintang di tengah ruas jalan.

Baca Juga:
Imbas Kereta Api Anjlok, Operasional KRL Yogyakarta-Kutoarjo Dibatalkan Sementara

"Jalan Bintaro Permai IV tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat karena truk menghalangi jalan tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Tedjo menuturkan polisi telah berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya dengan perusahaan pemilik barang atau truk untuk proses evakuasi.

"Diambil diskresi menurunkan barang yang ada di truk agar penderekan mobil segera bisa dilakukan," ucap dia.

KAI Commuter menyampaikan KRL lintas Pondok Ranji-Kebayoran dimatikan untuk sementara waktu imbas kecelakaan truk menabrak tiang Listrik Aliran Atas di jalur hilir antara Stasiun Pondok Ranji-Kebayoran pada pagi ini.

KAI Commuter mengatakan saat ini kejadian tersebut tengah ditangani oleh petugas, sehingga perjalanan kereta api belum bisa dilalui.(fhm)