Jasa Raharja Gelar Sosialisasi Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas di Universitas Padjajaran

  • Oleh : Bondan

Rabu, 26/Jul/2023 22:15 WIB
PT jasa Raharja bersama Univeristas Padjajaran menggelar kegiatan sosialisasi “Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas”. PT jasa Raharja bersama Univeristas Padjajaran menggelar kegiatan sosialisasi “Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas”.

BANDUNG (BeritaTrans.com) -- Sebanyak 200 Peserta Kepala Prodi, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas Padjadjaran mengikuti sosialisasi “Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas” yang diselenggarakan oleh PT Jasa Raharja bersama Universitas Padjadjaran di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (26/7/2023). 

Kegiatan ini digelar sebagai upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas di dalam kampus. Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, menyambut baik kegiatan tersebut.

Baca Juga:
Gelar Road Safety Ranger Kids, Jasa Raharja Edukasi Anak-Anak dengan Keselamatan Lalu Lintas

Prof Yanyan mengungkapkan bahwa Unpad sudah lama memiliki perhatian khusus pada keselamatan berlalu lintas, salah satunya melalui edukasi. 

“Oleh karena itu adanya kegiatan ini adalah suatu kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh kami di dunia kampus,” ujar Prof. Yanyan. 

Baca Juga:
Jasa Raharja Bersama Korlantas Polri Gelar Supervisi Pelayanan STNK dan TNKB di Kepulauan Riau

Diungkapkan Prof. Yanyan, di Unpad, sarana dan prasarana sudah tersedia dengan baik. Namun, peningkatan kesadaran manusia terkait keselamatan berkendara perlu terus dilakukan. Ia juga berharap, kerja sama Jasa Raharja, Unpad, bersama Polda Jabar dapat terus dikembangkan. 

Sementara, Direktur Keuangan PT. Jasa Raharja Bayu Rafisukmawan mengatakan program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas digagas untuk diselenggarakan di seluruh Indonesia. Unpad menjadi lokasi pertama pelaksanaan program dan diharapkan pelaksanaan di Unpad ini dapat direplikasi di Universitas lain di Indonesia. Diungkapkan Bayu, santunan yang diberikan Jasa Raharja akibat adanya kecelakaan hingga Juni 2023 mencapai Rp 1,4 Triliun. Angka ini naik 8,5% dari tahun lalu.

Baca Juga:
Jasa Raharja Cirebon Giat Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di SMK Isda Babakan

Sebanyak 39% korban adalah usia pelajar dan mahasiswa. Bayu berharap, program yang diselenggarakan atas kolaborasi Jasa Raharja, akademisi, dan kepolisian ini dapat berkontribusi meningkatkan kesadaran pelajar dan mahasiswa terkait keselamatan berlalu lintas sehingga mampu menurunkan kejadian kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Menurutnya, edukasi keselamatan berlalu lintas bukan hanya dilakukan melalui iklan layanan masyarakat, perlu dilakukan dengan keterlibatan keseharian. 

“Kami percaya dengan keterlibatan aktif dari dunia pendidikan itu bisa menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas ataupun tingkat fatalitas,” ujar Bayu. 

Hadir juga dalam kegiatan ini, Dodi Apriansyah selaku Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat, kemudian Para pembicara yang hadir pada acara tersebut, yaitu Hervanka Tri Dianto Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja dengan materi Sosialisasi Jasa Raharja, AKBP Edwin Affandi, Wadirlantas Polda Jabar dengan materi Keselamatan Berlalu Lintas, dan Ahmad Wildan sebagai Ketua Sub Komite LLAJ KNKT dengan materi “Materi Komite Nasional Keselamatan Transportasi”.