Kementerian-KP Ajak Siswa Sekolah Bersihkan Pantai Bangsring Banyuwangi

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 30/Jul/2023 13:06 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar aksi Bulan Cinta Laut  dengan melibatkan para siswa sekolah di Bangsring Underwater, Kabupaten Banyuwangi. 

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo menerangkan bahwa pembersihan sampah plastik di laut merupakan salah satu program prioritas KKP yakni Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) yang sarat dengan edukasi.

Baca Juga:
Kementerian-KP Alihkan Kewenangan Sertifikasi Awak Kapal Perikanan dari DJPT ke BPPSDM KP

“Aksi bersih pantai bersama anak-anak ini adalah salah satu bentuk edukasi dan penyadartahuan yang KKP berikan dalam memperingati Hari Anak 23 Juli. Tujuannya adalah agar anak-anak semakin mencintai laut dan memahami pentingnya menjaga kebersihan laut,” terang Victor dalam keteranganya, Ahad (30/7/2023).

Lebih lanjut Victor juga menyebutkan aksi bersih pantai yang berkolaborasi dengan berbagai pihak ini juga dimaksudkan untuk mendukung target penurunan sampah laut sebesar 70 persen pada tahun 2025.

Baca Juga:
Dirjen PSDKP KKP Dilantik, Menteri Trenggono Minta Berantas Penyelundupan BBL

“Sampah laut tak hanya berdampak kepada sektor ekonomi dan pariwisata tetapi mengganggu kehidupan biota laut, ekosistem pesisir dan kesehatan manusia. Oleh karenanya, bersih pantai yang melibatkan elemen masyarakat ini menjadi salah satu cara berkolaborasi/bersinergi dalam menanggulangi sampah dan mendukung target penurunan sampah laut di tahun 2025,” pungkasnya. 

Para pelajar yang berasal dari beberapa sekolah di wilayah Bangsring tampak antusias membersihkan sampah di sekitar Pantai Bangsring sepanjang kurang lebih 64 meter. Sampah-sampah yang dikumpulkan Selanjutnya dipilah-pilah ke dalam 3 jenis yaitu botol plastik, sampah plastik lain dan sampah organik. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses daur ulang dan pengelolaan sampah selanjutnya.

Baca Juga:
Kementerian-KP dan FAO Siapkan Fishway Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro di Sukabumi

Sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut yang telah dicanangkan di Bali bulan Oktober 2022 lalu menjadi momentum seluruh pihak untuk bersama sama menjaga ekosistem laut tetap bersih dan biru bebas dari sampah plastik.(fhm)