KCIC Perbaiki Jalan Akses Masyarakat di Darangdang-Nanggaleng Purwakarta

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 01/Agu/2023 08:34 WIB
Foto:KCIC Foto:KCIC

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KCIC secara berkala melakukan sejumlah kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar trase. 

Kali ini KCIC melalui konsorsium kontraktor proyek KA Cepat yaitu HSRCC lakukan peningkatan kualitas jalan antara Darangdan-Nanggeleng di Kabupaten Purwakarta. 

Baca Juga:
Hari Kartini, Petugas Kereta Whoosh Gunakan Kebaya serta Bagikan Bunga ke Penumpang

Kualitas jalan Darangdan-Nanggaleng sepanjang 4.020 meter dan lebar 3,5 meter ini ditingkatkan dengan menggunakan ashpalt (aspal).

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyebutkan KCIC dan konsorsium kontraktor berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada masyarakat di lingkungan sekitar trase.  

Baca Juga:
Puncak Angkutan Lebaran 2024, KCIC Catat Penumpang Whoosh Capai Lebih 21 Ribu

Berbagai kegiatan dalam bentuk CSR diberikan pada masyarakat, salah satunya adalah peningkatan kualitas jalan. Dengan jalan yang lebih baik, maka kenyamanan masyarakat saat beraktivitas dan keselamatan para pengguna jalan akan meningkat. 

"Seluruh kontraktor proyek kereta api cepat berkomitmen untuk bisa memberikan dampak positif pada masyarakat di sekitar proyek. Peningkatan kualitas Jalan Darangdan-Nanggaleng ini diharapkan bisa membantu dan memudahkan mobilitas masyarakat," ujar Eva dalam keterangan resmi, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga:
KCIC: Penumpang Whoosh Masih Ramai pada H+3 Lebaran, Lonjakan Pengguna Diprediksi Sampai Lebih dari 20 Ribu

Jalan Darangdan-Nanggaleng merupakan salah satu jalur penyangga aktivitas masyarakat Purwakarta yang berada disekitar area pembangunan KA Cepat. 

Persiapan dan pekerjaan peningkatan kualitas jalan dimulai pada April 2023 dan saat ini proses perbaikan selesai dan jalan yang lebih baik sudah dapat dinikmati oleh masyarakat untuk beraktivitas dengan aman dan nyaman. 

Eva menambahkan, jalan adalah salah satu prasarana vital dalam aktivitas masyarakat. Dengan kondisi jalan yang baik diharapkan aktivitas masyarakat sekitar trase KA Cepat bisa lebih nyaman, aman dan dapat memberikan dampak pada perekonomian masyarakat melalui akses tersebut. 

"Meski belum beroperasi, kami berkomitmen agar kehadiran KA Cepat bisa memberikan dampak positif pada masyarakat dan membangun kerjasama yang bermanfaat pada operasional KA Cepat nantinya. Akses jalan yang selama ini digunakan kami tingkatkan kualitasnya dengan harapan agar aktivitas masyarakat menjadi lebih lancar," tutup Eva. 

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pun berterima kasih kepada HSRCC dan KCIC atas peningkatan kualitas jalan yang telah dilakukan. Dalam unggahan Instagramnya, Anne mengatakan kalau saat ini kualitas jalan Darangdan-Nanggeleng menjadi lebih baik. 

“Alhamdulillah, peningkatan kualitas Jalan Darangdan-Nanggeleng (Jalan Militer) Kecamatan Darangdan dengan ruas jalan sepanjang 4.020 meter dan lebar 3.5 meter telah rampung. Semoga peningkatan kualitas jalan ini bisa berdampak positif bagi ekonomi masyarakat. Dan saya mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga jalan ini bersama-sama,” tulis Anne di laman Instagram pribadinya. (Fhm)