Ditjen Hubud Gelar Pertemuan Komite Nasional Fasilitasi Udara

  • Oleh : Naomy

Kamis, 03/Agu/2023 20:19 WIB
Pertemuan Komnas Fal Pertemuan Komnas Fal

BOGOR (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Keamanan Penerbangan menggelar pertemuan Komite Nasional Fasilitasi Udara (Komnas FAL) Tahun 2023 secara hybrid di Bogor, Kamis (3/8/2023).

Pertemuan ini rutin digelar setiap tahun dengan melibatkan Kementerian/Lembaga seperti Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan stakeholder penerbangan terkait.

Baca Juga:
Ditjen Hubud Sebut Perusahaan Asal Jepang Tertarik Jalin Kerja Sama Pengembangan Bandara di Indonesia

Di antaranya Custom, Immigration, Quarantine (CIQ), Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I-X, operator bandara internasional, dan operator angkutan udara yang melayani penerbangan internasional.

“Banyak isu yang kita bahas pada hari ini terkait dengan penerbangan, seperti isu Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Prosedur Karantina Kesehatan (termasuk disinseksi dan disinfeksi pesawat udara), Spesifikasi Sarana Prasarana Tempat Pemeriksaan Imigrasi; dan Pengelolaan Limbah di Bandar Udara,” jelas Direktur Keamanan Penerbangan Budhi K Kresna.
 
Pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan koordinasi terkait pelaksanaan audit ICAO USAP-CMA yang akan dijadwalkan pada tahun 2024. 

Baca Juga:
Ditjen Hubud Apresiasi Penyerahan BMD Kabupaten Mahakam Ulu untuk Pengembangan Bandara Datah Dawai

Audit tersebut dilakukan pada area yang meliputi aspek Fasilitasi Udara dengan kementerian terkait, dalam hal ini instansi di bidang keimigrasian, kepabeanan, dan kekarantinaan.

Dia menyampaikan, tugas dari Komite Nasional Fasilitasi Udara tersebut di antaranya Mengkoordinasikan FAL bandara guna memastikan  kelancaran kegiatan di bandara internasional; Memecahkan persoalan FAL di bandara; Mengajukan usulan dan pendapat mengenai kebijakan FAL; Mengusulkan perubahan/pencabutan peraturan/ketentuan di dalam negeri yang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan FAL Udara Internasional.

Baca Juga:
Area Terminal Bandara Komodo Sempat Bocor Dampak Intensitas Hujan Tinggi, Kemenhub: Sudah Diperbaiki

"Hasilnya akan dilaporkan kepada Menteri Perhubungan," katanya. 

Dia berharap, pertemuan ini dapat memberikan dampak yang signifikan di dunia penerbangan khususnya pada penerbangan internasional dalam peningkatan keamanan dan kelancaran  penerbangan internasional.

“Masing-masing Kementerian dan Lembaga mempunyai peraturan sendiri dan juga mempunyai target. Kemenhub akan menyesuaikan masing-masing regulasi tersebut dan membantu mensosialisasikan kepada para operator penerbangan, sehingga dapat meningkatkan sinergi dengan semua pihak terkait,” ujarnya. 
  
Hadir sebagai narasumber pada Pertemuan Komnas FAL yaitu  Divisi Hubungan Internasional Polri, Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan dan Pusat Kepatuhan, Kerja sama dan Informasi Pengkarantinaan, Badan Karantina Pertanian. (omy)