Proyek Jalan Tol Getaci Bakal Terkoneksi Hingga Yogyakarta

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 05/Agu/2023 15:09 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) akan terkoneksi secara bertahap hingga Yogyakarta.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan rencana itu tertuang dalam masterplan.

Baca Juga:
Pembangunan Jalan Tol Pertama di Jambi Sudah 54,2%, Target Rampung Juni 2024

"Memang dalam masterplan di jalur selatan Jawa Barat itu rencananya dibangun secara bertahap Jalan Tol Getaci dari Gedebage ke Tasikmalaya sampai Cilacap kemudian hingga ke Yogyakarta," ujar Hery, dikutip, Jumat (4/8/2023).

Herry mengatakan pembangunan Jalan Tol Getaci dilakukan secara bertahap dari Yogyakarta ke New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulonprogo dengan pembanguna dari Gedebage sampai ke wilayah Ciamis terlebih dahulu. Saat ini, pembangunan Jalan Tol Getaci sampai Ciamis dalam persiapan lelang.

Baca Juga:
Jalan Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Nilai Rp 9,9 Triliun

Proyek Jalan Tol Gedebage - Ciamis merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Getaci yang membentang dari Gedebage sampai Cilacap.

Jalan Tol Getaci sampai Ciamis berperan untuk menghubungkan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol NYIA Kulonprogo - Yogyakarta - Solo.

Baca Juga:
Proyek Tol Japek II Selatan Paket Paket Sukabungah-Kutanegara-Sadang Selesai Tahun Ini

Adapun Jalan Tol Getaci merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Proyek Jalan Tol Getaci juga merupakan salah satu infrastruktur yang perlu dibangun untuk melakukan percepatan pembangunan kawasan Jawa Barat bagian Selatan.

Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah serta mendukung pariwisata di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Adapun dua investor yang tertarik dalam market sounding Jalan Tol Getaci berasal dari China yang menyatakan minatnya secara langsung. Ada juga investor lokal seperti Jasa Marga dan lainnya.(fhm)