Proyek Tol Akses Patimban Paket I Subang Dilelang Ulang, Nilainya Rp1 Triliun

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 12/Agu/2023 05:46 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai lelang ulang proyek Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban Paket I di Subang, Jawa Barat senilai Rp1 triliun.

Berdasarkan laman resmi LPSE PU dikutip, Sabtu (12/8/2023), pengumuman prakualifikasi proyek tersebut dilaksanakan mulai 8 Agustus 2023 hingga 15 Agustus 2023.

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Terapkan Teknologi Pengisian Daya Mobil Listrik

Adapun, pengumuman pemenang tender akan dilakukan pada 30 Agustus 2023, sedangkan penandatanganan kontrak bakal dilakukan pada 29 September 2023, sedangkan kontrak pemenang tender akan dilaksanakan pada 9-20 Oktober 2023.

Hingga Sabtu (12/8/2023), tercatat sudah ada 38 peserta yang mengikuti tahapan prakualifikasi lelang proyek tersebut.

Baca Juga:
Jalan Tol Baru Hubungkan Jakarta-Tangerang, Ini Jalurnya

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban termasuk dalam salah satu proyek strategis nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.109/2020 tentang Perubahan Ketiga atas Perpres No.3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Mengacu penjelasan Kementerian PUPR pada dokumen lelang, pembangunan Jalan Tol Akses Patimban dilakukan untuk memperkuat area jaringan jalan yang menghubungkan ke Kawasan Pelabuhan Patimban agar aktivitas angkutan logistik dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, pembangunan proyek tersebut dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan jalan tol serta melancarkan kegiatan distribusi ekonomi seperti di bidang industri dan perdagangan yang menunjang perekonomian nasional.

"Sasaran yang ingin dicapai dalam pembangunan Jalan Tol Akses Patimban adalah meningkatkan konektivitas jaringan jalan yang menghubungkan ke Pelabuhan Patimban sebagai salah satu PSN," jelas Kementerian PUPR.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkap alasan dibalik lelang ulang proyek pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang semula akan dikerjakan tahun 2023 ini.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian membenarkan proses tender ulang Jalan Tol Akses Patimban yang tengah berlangsung saat ini. Adapun, proses tender ulang mulai dilakukan sejak 24 Mei 2023 dan masih dalam tahap evaluasi.

"Tender ulang, ya ada ketidaksempurnaan," kata Hedy usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/7/2023). 

Untuk diketahui, proyek pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang dilelang ulang terdiri atas tiga paket pekerjaan senilai Rp2,78 triliun. 

Berdasarkan data LPSE Kementerian PUPR, paket pertama pengerjaan Tol Akses Patimban Package 1 ditender ulang senilai Rp1 triliun, sementara paket kedua senilai Rp884,1 miliar dan paket ketiga sebesar Rp896,1 miliar.(fhm)