Menhub Ajak Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik Demi Kualitas Udara Lebih Baik

  • Oleh : Naomy

Minggu, 13/Agu/2023 12:55 WIB
Sosialiasi kendaraan listrik Sosialiasi kendaraan listrik


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk beralih naik kendaraan listrik demi tercipta kualitas udara yang baik, khususnya di wilayah Perkotaan seperti Jakarta.

"Saya hanya mengingatkan, kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen. Terlebih masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi Covid-19, akhirnya membuat polusi di Jakarta meningkat. Oleh karenanya kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," ujar Menhub saat mengikuti Fun Ride yang digelar Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) di Jakarta, Ahad (13/8/2023).

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Menhub menjelaskan, industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh Pemerintah. 

Untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. 

Baca Juga:
H+4 Lebaran,1,2 juta Orang Terpantau Gunakan Angkutan Umum

Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi. 

"Mengapa konversi, jadi kalau motor listrik baru itu bagus. Tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor BBM yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak," sebutnya.

Baca Juga:
Antisipasi Puncak Arus Balik Tol Cikampek, Pemerintah Terapkan Rekayasa Lalin

Dia menyarankan kepada produsen kendaraan listrik, dapat membuat spesifikasi baterai yang standar agar memudahkan masyarakat. 

Menhub juga berharap, ekosistem kendaraan listrik dapat terus dibangun sehingga kualitas kendaraan listrik semakin baik dengan harga yang terjangkau.

"Dengan adanya industri nikel di Indonesia, akan menjadikan ini lebih baik, dengan harga yang lebih murah," ucap Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Ketua  AISMOLI Budi Setiadi menjelaskan, sebagai Mitra pemerintah pihaknya terus berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

"Kegiatan hari ini kami lakukan dalam rangka mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik, mengingat polusi udara di Jakarta yang akhir-akhir ini mengkhawatirkan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong para pelaku industri kendaraan listrik siap memproduksi sesuai kapasitas yang diperlukan. 

Dia juga mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah melalui berbagai kebijakan.

"Program bantuan pemerintah yang saat ini sudah terbuka untuk masyarakat luas. Misalnya seperti penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan operasional di kantor-kantor pemerintah, program konversi kendaraan bbm ke listrik, menciptakan ekosistem, dan berbagai program lainnya untuk mengedukasi masyarakat agar cepat beralih kepada kendaraan listrik," bebernya. 

Sebagai informasi jumlah sepeda motor berdasarkan jumlah Sertifikat Uji Tipe dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe yang terbit per 10 Agustus 2023, untuk sepeda motor konversi yaitu 183 unit, dan untuk sepeda motor listrik baru yaitu 59.388 unit.

Turut hadir dalan kegiatan ini Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dan Dirut PLN Darmawan Prasodjo.  (omy)