Lebih 95 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta Naik Kereta Api pada Periode Hari Kemerdekaan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 19/Agu/2023 17:38 WIB
Stasiun Gambir. (Dok.KAI Daop 1 Jakarta) Stasiun Gambir. (Dok.KAI Daop 1 Jakarta)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Daop 1 Jakarta telah melayani sebanyak 95 ribu penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen selama momen libur Peringatan HUT ke - 78 RI hingga akhir pekan ini. 

Periode itu terhitung mulai 16 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2023 besok. 

Baca Juga:
Alami Lonjakan Penumpang, KAI Daop 6 Jogja Operasikan Kereta Api Tambahan di Libur Panjang

"Jumlah penumpang naik tertinggi terjadi pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2023 yaitu sebanyak 27 ribu penumpang dan 25 ribu penumpang yang naik dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen," ujar Plh Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih, Sabtu (19/8/2023).

Data tersebut dikatakannya, jika dibandingkan dengan periode yang sama akhir pekan sebelumnya jumlah ini menunjukkan kenaikan 20 persen hingga 45 persen.

Baca Juga:
Lebih 23 Ribu Penumpang KA Berangkat dari Daop 1 Jakarta pada Hari Jumat Ini

"Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung. Adapun setiap harinya terdapat 60 KAJJ perhari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta," kata Feni.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau pelanggan KA untuk segera mendaftarkan layanan face recognition karena Mulai 1 September 2023, Gate Selatan Stasiun Gambir Khusus Melayani Boarding Face Recognition.

Baca Juga:
KAJJ dari Pasar Senen Berhenti Juga di Stasiun Jatinegara, Ini Jadwalnya!

Saat ini terdapat 4 Boarding Gate dengan teknologi Face Recognition di area hall selatan Stasiun Gambir. 

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI. (fhm)