SCI Bakal Gelar Penghargaan bagi Pelaku Angkutan Logistik Nasional

  • Oleh : Naomy

Kamis, 24/Agu/2023 12:29 WIB
Chairman SCI Chairman SCI


BANDUNG (BeritaTrans.com) - Sektor logistik terus mencatat pertumbuhan kontribusi yang penting terhadap perekonomian Indonesia. 

Hal ini bisa dilihat dari kontribusi lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). 

Baca Juga:
Hadapi Kompleksitas Logistik, SCI Tingkatkan Kompetensi SDM

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan tumbuh sebesar 19,87 persen pada  2022, jauh lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun itu sebesar 5,31 persen. 

Di lain sisi, Logistics Performance Index (LPI) Indonesia tahun 2023 justru mengalami penurunan sebanyak 17 peringkat ke posisi 63 dari posisi 46 (tahun 2018). 

Baca Juga:
Ancaman Krisis Pangan Makin Terasa, SCI Beri 5 Rekomendasi Ini

Empat dimensi yang memengaruhi penurunan LPI yaitu International Shipments, Logistics Competence & Quality, Timelines, serta Tracking & Tracing.

Chairman SCI Setijadi menyampaikan, sebagai apresiasi terhadap para pelaku dan pemangku kepentingan sektor logistik dan sebagai upaya peningkatan LPI terutama dimensi Logistics Competence & Quality, Supply Chain Indonesia (SCI) menyelenggarakan Indonesia Logistics Awards (ILA) 2023.

Baca Juga:
Penerapan Logistik Hijau Tingkatkan Efisiensi Hingga 20 Persen

"ILA 2023 merupakan ajang apresiasi logistik bergengsi nasional yang diberikan kepada individu, perusahaan, dan institusi yang menunjukkan prestasi dan kinerja yang unggul serta berkontribusi penting dalam perkembangan logistik nasional," urainya, Kamis (24/8/2023).

ILA 2023 terdiri dari dua kategori yaitu kategori umum (competing awards) dan kategori khusus (conferred awards). 

Kategori umum merupakan penghargaan kepada perusahaan, institusi, dan individu yang menunjukkan kinerja dan layanan yang unggul di antara para penyedia jasa atau pihak pendukung bidang logistik serta berkontribusi penting dalam peningkatan efisiensi industri logistik atau perkembangan logistik nasional.

"Penghargaan mencakup 12 kategori umum," kata Setijadi. 

Kelompok kategori pertama adalah perusahaan penyedia jasa dan operator fasilitas logistik, yaitu Trucking Company, Shipping Company, Airfreight Forwarder, Seafreight Forwarder, Warehouse Provider, 3PL, Courier, Container Terminal Operator, dan Non-Container Terminal Operator. 

Penghargaan juga diberikan kepada perusahaan pendukung bidang logistik, yaitu Government dan Logistics Platform, serta secara individu kepada CEO.  

Kategori khusus diberikan kepada perusahaan, institusi, dan individu yang menunjukkan prestasi, inovasi/terobosan, serta perbaikan dan pengembangan yang signifikan secara internal dalam proses, layanan, dan kapabilitas (infrastruktur, teknologi, teknologi informasi) dan berdampak terhadap peningkatan kinerja logistik yang unggul.

Registrasi ILA 2023 pada tanggal 1-31 Agustus 2023 melalui tautan http://bit.ly/IndonesiaLogisticsAwards2023. Informasi selengkapnya dapat diakses pada https://SupplyChainIndonesia.com/awards.

Penganugerahan Awards akan digelar di Jakarta pada 12 Oktober 2023. (omy)

Tags :