Tabrakan 2 Pesawat Temput Ukraina, 3 Pilot Tewas

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 27/Agu/2023 06:23 WIB
Dua pesawat latih Ukraina L-39 bertabrakan di udara (Foto: Air Data News) Dua pesawat latih Ukraina L-39 bertabrakan di udara (Foto: Air Data News)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebanyak tiga pilot angkatan udara Ukraina tewas akibat tabrakan maut dua pesawat militer pada Jumat (25/8/2023).

Angkatan udara Ukraina melaporkan kecelakaan itu terjadi di kawasan Zhytomyr, melibatkan dua pesawat latihan tempur L-39. Mereka menegaskan penyelidikan masih berlangsung.

Baca Juga:
Pesawat Militer Venezuela Jatuh saat Latihan, 5 Orang Tewas

"Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga para korban. Ini merupakan kehilangan yang menyakitkan dan tak tergantikan bagi kita semua," demikian pernyataan angkatan udara Ukraina yang dikutip AFP.

Juru bicara angkatan udara, Yuriy Ignat, mengatakan bahwa salah satu pilot yang wafat bernama Andrii Pilshchykov yang kerap disapa Juice. Ia mengatakan Juice merupakan patriot muda dengan "pengetahuan dan talenta besar."

Baca Juga:
Pesawat Jatuh di Taiwan, Ayah dan Anak Tewas

"Mayor Andrii Pilshchykov mendedikasikan hidupnya yang sangat singkat tapi sangat bersinar untuk penerbangan tempur. Ia memimpikan F-16 di langit Ukraina," kata Ignat.

"Anda lebih dari sekadar teman. Beristirahatlah dengan tenang. Anda sudah melakukan banyak untuk kami."

Baca Juga:
TNI-AU Masih Selidiki Jatuhnya Pesawat Tempur di Blora

Kabar ini datang ketika Ukraina baru saja mendapatkan kepastian bantuan jet tempur F-16 dari Denmark dan Belanda, setelah perjuangan panjang mereka meminta negara-negara Barat untuk mengulurkan tangan.

Denmark dan Belanda mengambil keputusan itu setelah mengantongi izin dari Amerika Serikat selaku produsen jet tempur tersebut.

Meski demikian, AS menegaskan proses transfer jet itu baru dapat dilakukan setelah pilot Ukraina dilatih untuk mengoperasikan jet tempur F-16.