Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Lounching 1 Oktober 2023, Siap Bawa Penumpang!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 06/Sep/2023 09:19 WIB
Foto/dok.KCIC Foto/dok.KCIC

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan soft launching Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2023 mendatang. 

Ini sedikit molor yang ditargetkan di awal yaitu sudah beroperasi pada September 2023 ini.

Baca Juga:
Potensi Kemacetan di Stadion Bandung, Penumpang Kereta Whoosh ke Stasiun Tegalluar Disarankan Berangkat dari Stasiun Bandung atau Padalarang

"Launching Insyaallah 1 Oktober," ungkap Menhub Budi saat ditemui wartawan di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Budi juga memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ikut melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Waktunya menyesuaikan dengan jadwal Jokowi.

Baca Juga:
Menjajal KA Cepat hanya 45 Menit ke Bandung, Mau Coba Naik?

"Presiden uji coba tentu ditentukan oleh availabilitas daripada waktunya presiden. Tanggal 8 (September) presiden ke India jadi gak jadi. Jadi tanggalnya butuh diubah, jadi saat ini belum, tetapi paling tidak tanggal 1 ada rencana bahwa nanti ada pengunduran gak terlalu lama," kata Menhub Budi.

Dia juga memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan terus diuji coba jelas diresmikan dan dioperasikan secara komersial. Hal ini penting agar pemerintah bisa mengetahui dan menilai dari sisi keamanan transportasi massal canggih tersebut.

Baca Juga:
Antusiasme Tinggi, Ribuan Masyarakat Registrasi Tiket Uji Coba Gratis KA Cepat

"Kita akan pastikan ini angkutan publik yang cukup mahal, cukup dan meletakkan dasar-dasar pemikiran kita akan angkutan massal antar kota," sebutnya.(fhm)