Proyek Konstruksi Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Capai 53,6 Persen

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 09/Sep/2023 05:52 WIB
Proyek Jalan Tol Jogja-Bawen. Foto diunggah Kamis (7/9/2023). Foto: Dok PT JJB Proyek Jalan Tol Jogja-Bawen. Foto diunggah Kamis (7/9/2023). Foto: Dok PT JJB

JOGJA (BeritaTrans.com) - PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) membeberkan progres pembangunan jalan tol Jogja-Bawen, progress konstruksi untuk Seksi 1 Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,8 Km mencapai 53,66%, dengan progres pembebasan lahan sebesar 76,46% hingga Agustus 2023.

Direktur Utama PT JJB, A.J. Dwi Winarsa menjelaskan pihaknya mampu mengoptimalkan pekerjaan konstruksi pada lahan yang sudah bebas usai turunnya Serat Palilah Tanah Desa dan Sultan Ground diterbitkan Keraton Jogja.

Baca Juga:
Lebih 1,2 Juta Kendaraan Lintasi Tol Arah Jabotabek hingga H+4 Lebaran

"Untuk saat ini Kegiatan Konstruksi Seksi 1 sedang dikerjakan secara pararel Pekerjaan struktur Jembatan Kali Sangubanyu, Kali Mataram, Elevated 1, Elevated 2, Elevated 3, Elevated 4, Box Underpass, Box Culvert. Pekerjaan Badan Jalan atau Common Borrow Material, Perbaikan Tanah atau Stone Column," terangnya melalui keterangan tertulis yang dikutip, Sabtu (9/9/2023).

Selanjutnya, kata Dwi, rencana dalam waktu dekat akan dilaksanakan pekerjaan pemasangan Erection Girder STA 75+800 (Jembatan Kali Konteng) yang berlokasi di Kalurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY.

Baca Juga:
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Capai 51 Persen Lebih, Ini Detail Progresnya

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan terkait progres lahan Seksi 1 ini terdapat penambahan lahan. Dari total 7 Desa, pihaknya sudah melakukan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di 6 desa.

Sedangkan progres lahan Seksi 6 SS Ambarawa - JC Bawen Jawa Tengah, PT JJB sudah berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang terkait izin memulai konstruksi pada lahan milik Kabupaten Semarang.

Baca Juga:
Ada Perbaikan Jalan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek sampai Jumat 14 Juli, Ini Lokasi dan Jadwalnya!

"13 Bidang di Desa Kandangan sudah dilakukan musyawarah dengan luasan 13.226 meter persegi, saat ini sedang menunggu hasil verifikasi dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) terkait bidang-bidang yang memenuhi syarat untuk bisa dibayarkan," jelasnya.

"Untuk Desa Doplang sudah dilakukan Pembayaran Uang Ganti Kerugian sebanyak 6 bidang dengan luasan 3.930 m2 dengan nilai Rp. 3.775.239.184," lanjut Dwi.

Adapun progres konstruksi Seksi 6 menurut Dwi sedang dilakukan Pekerjaan Badan Jalan atau Common Borrow Material sisi Ramp On dan Off Bawen, dan pekerjaan fondasi atau Borepile.

"Target penyelesaian konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 dan Seksi 6 tetap sesuai rencana," terangnya.

Dalam hal kegiatan pembebasan lahan untuk keperluan proyek pembangunan Jalan Tol Jogja - Bawen ini, PT JJB terus berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Jogja - Bawen Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Selain itu juga Badan Pertanahan Nasional (BTN) Kanwil DIY dan Jateng, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).(fhm)