Wamenparekraf Tinjau Kesiapan Lokasi Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo

  • Oleh : Naomy

Minggu, 24/Sep/2023 18:12 WIB
Wamenparekraf dan Menpora di Stadion Bung Tomo Wamenparekraf dan Menpora di Stadion Bung Tomo

 

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo meninjau kesiapan salah satu lokasi yang akan dijadikan tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia U-17 2023 yakni Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga:
Wamenparekraf Harap Kontingen Indonesia Raih Prestasi Terbaik di Asian Games Hangzhou

Kunjungan Wamenparekraf Angela tersebut dalam upaya memastikan sarana dan prasarana yang ada di venue itu berjalan dengan baik.

Dengan begitu penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia 10 November hingga 2 Desember 2023 berjalan lancar.

Baca Juga:
Lattek Bakual Pistol Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-70 Tahun 2022

Wamenparekraf bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, meninjau sejumlah titik di antaranya lapangan, tribun VVIP, dan tribun keluarga.

Dia begitu kagum melihat wajah Stadion Gelora Bung Tomo yang akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia U-17 2023 sebagaimana telah ditetapkan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Baca Juga:
Sambut Peringatan Hari Jadi Ke-77 TNI Angkatan Laut, AAL Ikuti Bhakti Kesehatan

Kehadiran event bertaraf dunia tentunya memberikan multiplier effect, yang besar utamanya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Mulai dari industri hotel, restoran, penerbangan, hingga pelaku UMKM ekonomi kreatif turut andil dan menerima manfaatnya. 

Dengan harapan terbuka lebih luas peluang usaha dan lapangan kerja.

Sebagai contoh penyelenggaraan event internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika 2022) yang digelar di Mandalika pada 18 - 20 Maret 2022. 

Dari satu event tersebut dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi hingga lebih dari Rp4,5 triliun.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, ada tiga lokasi lainnya yang dijadikan venue Piala Dunia U-17 di antaranya Jakarta International Stadium, DKI Jakarta; Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat; dan Stadion Manahan  Solo, Jawa Tengah. (omy)