Museum Rekor Indonesia Incar Kegiatan TNI Menjelang HUT nya Ke-78

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 26/Sep/2023 14:15 WIB
foto:istimewa/puspenTNI foto:istimewa/puspenTNI

 JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya ke-78, Tentara Nasional Indonesia menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di berbagai tempat di Indonesia bahkan ada yang digelar di luar negeri, dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 27 September 2023.

Baca Juga:
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Serahkan Jabatan Kasad Kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Minggu pagi (24/9/2023), secara resmi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., membuka rangkaian acara dari pelataran silang Monas Jakarta ditandai dengan dibunyikan serine panjang disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Adapun bermacam kegiatan yang digelar dalam rangka HUT TNI kali ini adalah Bakti kesehatan yang dilaksanakan di 78 titik secara serentak di Indonesia terdiri dari Donor darah yang diikuti ribuan pendonor. Khitanan masal, Operasi Katarak, Pengobatan Umum, Pengobatan Gigi. Kemudian pelaksanaan Senam Kesegaran Jasmani 88 terbanyak di 400 titik Satuan Kerja (Satker) TNI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan pesertanya mencapai ribuan personel.

Baca Juga:
Alutsista Terbaru TNI AU Siap Kawal Kedaulatan Udara Nasional

Dalam acara ini dilaksanakan pula Panglima TNI Runs untuk 3 kategori yaitu 21 K, 10 K, dan 5 K dengan pesertanya 10.000 pelari yang dilepas secara serentak. Kemudian pegelaran Wayang kulit terbanyak di 78 titik secara serentak 1 titik di pusat, 74 titik didaerah dan 3 titik diluar negeri yakni di Amerika, Suriname dan Malaysia. Kemudian program ketahanan pangan terbanyak di 400 titik secara bersamaan.

Yang tak kalah menarik, kegiatan HUT TNI ke 78 yang dilaksanakan tersebar di seluruh Indonesia melibatkan ratusan ribu personel, 2.339 set tenda  dan waktu terlama dalam penyelanggaraan yaitu 12 hari. Panggung hiburan selama 4 hari.

Baca Juga:
Panglima TNI Ajukan Kenaikan Uang Lauk Pauk Prajurit TNI

Dalam memeriahkan kegiatan, sebanyak 447 unit ambulance disiagakan. Untuk Fly Pass 45 unit pesawat dikerahkan merupakan jumlah terbanyak. 2.600 porsi makanan per hari dimasak di dapur lapangan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. 678 personel menampilkan atraksi kolone senapan dalam sekali pementasan, dan Mabes TNI merupakan Istansi Militer/ Pemerintah terbanyak mendapatkan rekor MURI.(ahmad)