Kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan Semarak HUT KKP ke-24

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 29/Sep/2023 20:49 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) ke-24. 

Lebih dari 20 kegiatan siap digelar untuk pegawai KKP, pelaku UMKM, hingga para jurnalis. 

Baca Juga:
Kementerian-KP-Barantin Tetapkan Manajemen Risiko Pengendalian Impor

"Kita ingin menghadirkan semangat berbeda, membangun jiwa korsa serta mendorong peningkatan kinerja para pegawai dan mendorong lahirnya inovasi-inovasi," ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada acara Kick Off Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan di antaranya berisi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), aksi sosial donor darah, bazar UMKM produk kelautan dan perikanan, kampanye gemar ikan, hingga kegiatan bersama para penyuluh perikanan. 

Baca Juga:
Sanksi Administratif di Sektor Kelautan Perikanan untuk Pemulihan Ekosistem dan Berikan Efek Jera

Selain itu, KKP menggelar kompetisi adu konsep dan gagasan untuk percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan nasional dengan membangun bursa ikan dunia. Kompetisi ini untuk menstimulus lahirnya inovasi serta mendorong peningkatan kinerja para pegawai KKP.  

Lebih jauh Menteri Trenggono memaparkan, di masa Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan yang dijadwalkan berlangsung sampai akhir Oktober nanti, juga diluncurkan sejumlah program berbasis ekonomi biru. Di antaranya kampung nelayan maju (Kalaju), modelling klaster budidaya nila salin, serta peluncuran Kapal Pengawas Orca 06 yang merupakan hibah dari Pemerintah Jepang. 

Baca Juga:
KKP Buka Pendaftaran Peserta Didik 2024, 100% untuk Anak Pelaku Utama Sektor Kelautan Perikanan

Program Bulan Cinta Laut berupa aksi bersih-bersih sampah plastik di laut pun termasuk dalam kegiatan bulan bakti. Program-program berbasis ekonomi biru, diakui Trenggono akan terus dilaksanakan untuk menjaga laut tetap sehat dan produktif. 

"Tahun lalu kita ulang tahun taglinenya ekonomi biru, kegiatannya bersih-bersih laut. Sekarang pun tetap ada, karena ekonomi biru ini akan terus ada sampai kapan pun," bebernya. 

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Tugas Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto, menambahkan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan yang baru pertama kali digelar ini, akan menjadi agenda tahunan karena telah disiapkan regulasi sebagai acuan pelaksanaannya.

Selain pegawai dan masyarakat kelautan perikanan, kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan juga menyasar para jurnalis. KKP siap menggelar Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) yang ditujukan kepada jurnalis media online, cetak, foto dan televisi. 

Ada juga lomba konten edukasi sektor kelautan dan perikanan di media sosial yang terbuka untuk masyarakat umum. "Semangatnya adalah semangat kebersamaan, tentunya kebersamaan dalam kebaikan dan produktivitas," pungkasnya.(fhm)