InJourney Siap Kembali Sukseskan Kejuaran MotoGP Mandalika

  • Oleh : Naomy

Selasa, 03/Okt/2023 18:59 WIB
Persiapan jelang MotoGP Mandalika Persiapan jelang MotoGP Mandalika


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 segera digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) 13-15 Oktober 2023. 

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney melalui anak usahanya PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) siap menggelar perhelatan dunia MotoGP di sirkuit kebanggaan Indonesia untuk kedua kalinya.

Baca Juga:
Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Sukses Digelar di Sirkuit Mandalika

Press conference Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) dihadiri Wakil Menteri BUMN, Kartika Wiroatmodjo, Wakil Menteri Menparekraf Angela Tanoesoedibjo, Ketua IMI Bambang Soesatyo, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, dan Direktur Utama ITDC, Ari Respati.

Wakil Menteri BUMN, Kartika menuturkan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan MotoGP Mandalika tahun ini. 

Baca Juga:
Dorna Sports Apresiasi MotoGP 2023: Lebih Baik dari Tahun Lalu

"Ajang balapan bertaraf internasional tersebut akan mendorong pengembangan sport tourism sekaligus meningkatkan gengsi Indonesia di mata dunia serta memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat NTB," ungkapnya di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

MotoGP ini ajang yang sangat prestisius dengan global coverage. Melalui event ini pihaknya ingin membuat Mandalika menjadi salah satu pusat sport tourism dan katalis positif bagi pariwisata dan ekonomi setempat.

Baca Juga:
Menparekraf Apresiasi MotoGP Mandalika 2023: Lampaui Target Jumlah Penonton!

Sebagai bukti konkret mewujudkan kebangkitan pariwisata di Indonesia, melalui salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia, yaitu Mandalika, InJourney berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk sukseskan MotoGP 2023 ini. 

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menjelaskan, kejuaraan MotoGP tahun 2023 ini merupakan event dunia yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya tak terkecuali oleh seluruh masyarakat Indonesia serta masyarakat Lombok pada khususnya. 

“MotoGP merupakan agenda yang rutin dilakukan satu tahun sekali dan pada tahun ini kami telah mempersiapkan kejuaraan tersebut dengan sangat matang baik dari segi infrastruktur, akses dan penyelenggaraannya," urai Maya. 

Hal ini dapat disiapkan dengan baik karena dukungan kolaborasi dari Kementerian BUMN, Kemenparekraf, pemerintah daerah, IMI dan masyarakat setempat serta seluruh stakeholder.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh InJourney Group melalui anak usahanya, ITDC beserta PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya. 

Kerja keras persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit. 

"Salah satunya dengan memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit," ujarnya.  

Dari total luasan 27.380 m2, pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 m2. Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system. 

Selain kesiapan fisik, MotoGP 2023 di Mandalika juga memberikan kesempatan besar kepada masyarakat sekitar untuk berkontribusi langsung di kejuaraan tersebut. 

“Kami telah melakukan pelatihan bagi marshal yang akan bertugas selama kejuaraan. Kurang lebih 400 marshal atau 95% merupakan warga setempat yang telah siap untuk bertugas, bahkan berkesempatan untuk turut serta dalam kejuaraan MotoGP di luar negeri," beber dia.

Segala hal ini merupakan upaya mengharumkan Indonesia di mata dunia. (omy)