Lombok - Bima Terkoneksi dengan Penerbangan Citilink, Diharap Dorong Ekonomi NTB

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 08/Okt/2023 10:58 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Peresmian rute penerbangan baru dari Lombok - Bima, NTB oleh Maskapai Citilink direalisasikan pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Penerbangan perdana maskapai Citilink rute Lombok-Bima tersebut sebelumnya diawali dengan kesepakatan 3 kepala daerah, antara lain Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu menandatangani SKB bersama 3 Kementerian, meminta tambahan maskapai penerbangan yang akan melayani penerbangan rute Bima-Lombok dan sekitarnya.

Baca Juga:
Sah! Citilink jadi Maskapai Pertama Ramaikan Penerbangan Komersial Reguler di Bandara Dhoho Kediri

Penerbangan perdana ini dimulai dari Bandara Internasional Lombok pada pukul 14.55 WITA yang landing di Bandara Sultan Muhammad Salahudin, Bima pada pukul 15.15 WITA. Pesawat jenis ATR72-600 dengan nomor penerbangan QG-1644 langsung dinikmati oleh Ketua Mahkamah Konstitusi RI Prof. Dr. H. Anwar Usman, S.H., M.H., Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dan PJ Gubernur Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Ariadi.

Anwar Usman, mengatakan dengan adanya tambahan penerbangan dari Citilink memberikan dampak positif untuk masyarakat Bima khususnya dari segi Ekonomi. Beliau juga mengapresiasi adanya fasilitas yang diberikan ATR72-600 dari Citilink yang nyaman.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kenalkan Konsep Indonesia Aviaconomics, Sudah Diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta

"Jujur, kami sangat menikmati sekali penerbangan ini. Terus terang, selama ini terkadang kedatangan saya tertunda ke Bima. Maka dengan adanya tambahan penerbangan dari Citilink kedepannya akan memperkecil kendala tersebut," ucapnya.

Anwar jiga mengucapkan terima kasih kepada pihak Citilink karena selain membantu meminimalisir kendala yang ada pada mobilitas transportasi, juga dapat mendongkrak percepatan pembangunan Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:
Hore! Bandara Jenderal Soedirman Buka Lagi Penerbangan Komersial Berjadwal dengan Maskapai Citilink

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri yang menjelaskan betapa berharapnya masyarakat Bima dari kehadiran rute baru tersebut.

"Kehadiran Citilink ini menjawab berbagai harapan masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Bima, tapi Kota Bima dan Kabupaten Dompu. Karena selama ini dengan dilayani oleh satu maskapai itu memang sering sekali Kekurangan seat dan ketika ada tamu tamu itu beberapa memang tidak bisa mendapatkan seat. Tidak bisa kami prioritaskan karena memang penerbangan yang terbatas kemudian terkait dari sisi harga dengan kehadiran Citilink, kami berharap bisa menekan tingginya  harga tiket yang juga mempengaruhi inflasi di daerah kami," paparnya.

Beliau menuturkan rute penerbangan ini dapat menguntungkan daerah Bima dari segi pariwisata juga pertanian. 

"Kabupaten bima adalah Kabupaten yang paling timur dari Nusa Tenggara Barat yang berbatasan langsung dengan NTT, Manggarai barat. Sehingga kami memastikan ketika orang datang ke bima akan melihat keindahan, kemudian wajah Nusa Tenggara Barat yang sesungguhnya. Kami memiliki potensi wisata alam dan wisata budaya yang bisa kami jual termasuk beberapa komoditi unggulan yang ada di daerah kami. Salah satunya bawang, kemudian garam, yang kami pastikan dengan meningkatnya frekuensi penerbangan ke daerah kami akan menarik juga investor untuk mau berinvestasi ke daerah kami," tambahnya. 

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Fitrajaya siwu juga menyambut positif atas dibukanya rute penerbangan Bima-Lombok dan sebaliknya oleh Maskapai Citilink.

"Saya yakin, bertambahnya maskapai di Bandara Muhammad Salahudin Bima, akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakar Bima dan Dompu," katanya.

Perlu diketahui, nanti pada 2028 akan ada pelaksanaan PON akan dilakukan di NTB dan NTT, pembukaan Rute baru ini akan menjadi awal pembangunan serta sebagai perjalanan udara.(fhm/omy)