Kolaborasi Injourney Group bikin Indonesian GP 2023 Mandalika Sukses, Tembus 103.000 Penonton

  • Oleh : Naomy

Senin, 16/Okt/2023 09:09 WIB
Indonesian GP Mandalika Indonesian GP Mandalika

 


MANDALIKA (BeritaTrans.com) - Kolaborasi PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Grup bikin Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB berjalan dengan lancar dan meriah dibanding tahun lalu. 

Baca Juga:
Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Sukses Digelar di Sirkuit Mandalika

Ya, Injourney Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya bersama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia member InJourney Group dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group. 

Indonesian GP 2023 kali ini telah dihadiri oleh total sebanyak 103.000 penonton, meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 102.801 selama tiga hari gelaran. 

Baca Juga:
InJourney Siap Kembali Sukseskan Kejuaran MotoGP Mandalika

Untuk memberikan pengalaman terbaik untuk penonton, InJourney Group melakukan kolaborasi untuk menyukseskan event ini. 

”InJourney melakukan berbagai kolaborasi dengan sejumlah pihak, untuk memastikan Indonesian GP 2023 terselenggara dengan baik. Pelaksanaan Indonesian GP 2023 yang sukses menjadi salah satu bukti komitmen dan konsistensi InJourney Grup untuk terus memacu pengembangan Mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP),” ujar Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, Senin (16/10/2023). 

Baca Juga:
Hendak Nonton MotoGP Mandalika? Pengunjung Bisa Manfaatkan Bus Feeder dari Bandara dan Pelabuhan

Salah satunya ialah kontribusi dari PT Angkasa Pura I (AP1) yang merupakan member  InJourney Group. Sebagai pengelola Bandara Lombok, AP1 telah menyelesaikan pekerjaan pengembangan bandara dan juga memastikan kesiapan dari sisi operasional dan layanan bandara untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang saat pelaksanaan Indonesian GP 2023.

Dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP1 bekerja sama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan. 

"Selain itu, AP1 juga memberikan kontribusinya melalui sejumlah langkah strategis yang mencakup dukungan dari sisi layanan, fasilitas, dan infrastruktur serta layanan dari dua anak usaha, yakni PT Angkasa Pura Logistic (APL) dari sisi penanganan logistik dan PT Angkasa Pura Hotel (APH) dari sisi hospitality," urainya.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan dan kolaborasi seluruh pihak yang turut melancarkan perhelatan Indonesian GP 2023.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur event Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar, seru dan meriah. Kami sangat bangga melihat balapan tahun ini dapat lebih dinikmati penonton. Kami optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP™️ dapat melebihi capaian tahun lalu yakni lebih dari Rp4,5 triliun,” tuturnya.

Dalam menyambut Indonesian GP 2023, ITDC bersama MGPA telah menyiapkan dan melakukan perbaikan fasilitas Pertamina Mandalika Internatsional Circuit yang berada di dalam KEK Mandalika untuk memberikan pengalaman menyaksikan langsung Indonesian GP terbaik bagi penonton.

Guna menyambut Indonesian GP 2023, kami telah melakukan persiapan antara lain pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km.

Selanjutnya juga menyediakan kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event Indonesian GP 2023. 

"Kami juga menggandeng lebih banyak UMKM dan talenta dari NTB untuk memeriahkan event ini. Tercatat sebanyak 300 lebih UMKM NTB terlibat dalam event ini, dan alhamdulillah, hasilnya event tahun ini lebih meriah, lebih seru dan lebih lancar dibanding tahun lalu,” akunya. 

Selain itu, imbuh Ari, ITDC juga menggandeng berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta dalam menyukseskan balapan tahun ini. 

Dukungan tersebut mengalir dari Pemerintah Pusat, Kemenparekraf, Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah, Polda NTB, TNI, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Pertamina, BNI, Bank Mandiri, PLN, BTN, Telkom Indonesia, Telkomsel, dan Taspen. 

Selain itu dukungan juga diberikan oleh pihak swasta seperti Aprilia, Astra Honda Motor (AHM), dan KYT. Dukungan dari banyak pihak ini lah yang membuat pelaksanaan event Indonesian GP selama tiga hari ini dapat berjalan dengan baik.

Sementara dalam balapan terakhir berjalan dengan seru dengan diwarnai sejumlah insiden jatuhnya rider. Di kelas MotoGP, Rider Ducati, Francesco Bagnaia menjadi pemenang Indonesian GP 2023, disusul oleh Maverick Vinales, Fabio Quartararo. 

Dengan kemenangan ini, Bagnaia kembali menempati posisi teratas klasemen MotoGP 2023 dengan raihan 346 poin.

Indonesian GP tahun ini ditutup dengan pergelaran musik yang menampilkan sejumlah musisi seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, dan NTRL. 

Pagelaran musik ini disaksikan penonton di area Zona Merdeka yang tentunya menambah kemeriahan dan pengalaman bagi penonton Indonesian GP 2023.

“Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak sehingga Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar. Kami akan terus berupaya agar event balap motor terbesar di dunia ini akan semakin baik dan meriah dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan wujud komitmen kami guna mewujudkan The Mandalika sebagai destinasi unggulan sport tourism di Indonesia sekaligus meningkatkan country branding Indonesia,” pungkas Ari. (omy)