Jalan Tol Layang Cikunir-Ulujami Ditargetkan Beroperasi 2027, Investasi Capai Rp 21,26 Triliun

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 18/Okt/2023 08:58 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) layang Elevated Cikunir – Ulujami dapat selesai dan beroperasi pada 2027.

"Jadwal konstruksi tol ini selama 33 bulan yang dimulai sejak Juli 2024 hingga Maret 2027. Jadwal pengoperasian tol ini ditargetkan pada April 2027," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir di Jakarta, dikutip dari Antara Selasa (18/10/2023).

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Terapkan Teknologi Pengisian Daya Mobil Listrik

Munir mengatakan proyek Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha atau bersifat unsolicited.

Lingkup pengusahaan jalan tol ini adalah melaksanakan kegiatan pendanaan termasuk pengadaan untuk lahan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi dan pengoperasian serta pemeliharaan jalan tol.

Baca Juga:
Tol Puncak Akan Dibangun 2026, Bagaimana Persiapannya?

Proyek pembangunan Jalan JORR Elevated Cikunir – Ulujami dilengkapi dengan tiga lokasi On - Off ramp yakni On - Off Ramp yang terkoneksi dengan jalan Arteri Pondok Indah, On - Off Ramp yang terkoneksi dengan jalan Bambu Apus, dan On - Off Ramp yang terkoneksi dengan Tol Jagorawi.

Proyek Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami ini dibangun dengan konstruksi layang atau elevated di atas Jalan Tol JORR eksisting yang merupakan bagian dari jaringan tol Jabodetabek.

Baca Juga:
Jalan Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura Dibuka Senin 29 Januari 2024, Tarif Masih Gratis

Dengan dibangunnya Jalan Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami yang akan tersambung dengan jaringan jalan Tol JORR, nantinya diharapkan dapat mengurangi beban kepadatan lalu lintas kendaraan di Tol JORR eksisting.

Proyek ini terbentang dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berlokasi di Persimpangan Ulujami.

Selain mengurai kemacetan pada Jalan Tol JORR eksisting, Jalan Tol yang segera dimulai pembangunannya ini akan meningkatkan kapasitas dan menyediakan jalur alternatif jarak jauh bagi pengendara yang akan berpergian dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir – Ulujami dengan total panjang mencapai 21,6 km dengan biaya investasi pembangunan jalan tol ini sebesar Rp21,26 triliun dengan masa konsesi 45 tahun terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja.