Warisi Sanitasi yang Layak Bagi Masyarakat, FIFGROUP Resmikan Kampung Sehat STBM di Lebak Bulus, Jakarta

  • Oleh : Ahmad

Senin, 30/Okt/2023 19:52 WIB
foto:istimewa/FIFGROUP foto:istimewa/FIFGROUP

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terkadang kita bertanya pada diri sendiri, kehidupan seperti apa yang bisa kita wariskan pada anak cucu nanti? Bumi yang nyaman dan aman tentu menjadi jawabannya. Saat ini sangat mudah melihat modernisasi di kota besar, gedung bertingkat, jalanan yang bersih dan rapi. Namun, tidak sedikit, jika kita mau berjalan sedikit di belakang gedung-gedung tinggi, masih banyak masyarakat yang bahkan untuk sanitasinya kurang mendukung.

Baca Juga:
FIFGROUP & BBPPMPV Cianjur Tandatangani MoC Pelatihan Kultur Jaringan Bagi Guru SMK Pertanian

Melihat fenomena tersebut, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, bergerak di bidang pembiayaan, berkomitmen untuk hadir bagi masyarakat dengan terus menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satunya dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal yang diresmikan sebagai Kampung Sehat Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), pada Senin, 30 Oktober 2023.

IPAL Komunal atau Wastewater Treatment Plant (WWTP) sendiri merupakan suatu struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut tidak membahayakan dan dapat digunakan pada aktivitas lainnya.

Baca Juga:
Komitmen Keberlanjutan FIFGROUP di Hutan Mangrove Terluas se-Asia Tenggara

Sesuai dengan misi perusahaan yaitu “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat”, FIFGROUP, berinisiatif membangun IPAL untuk 97 rumah dan ada 98 Kepala Keluarga yang menikmati program ini di RT 08 RW 08, Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kegiatan ini juga mendukung program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Program pembangunan Ipal Komunal ini merupakan kolaborasi antara FIFGROUP, Kecamatan Cilandak, Kelurahan Lebak Bulus, dan Puskesmas Cilandak dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat berkaitan dengan pentingnya sanitasi yang layak agar tingginya tingkat penyakit di suatu daerah dapat diperbaiki.

Baca Juga:
Dukung Program Keberlanjutan di Bali, FIFGROUP Tanam Bibit Mangrove

Pembuatan Ipal Komunal ini dimulai sejak awal 2020, lalu kemudian terhenti karena pandemi hingga pembuatan lubang Ipal kedua di Juli 2022, lubang ketiga di November 2022, dan pembuatan lubang keempat pada Mei 2023, di mana keseluruhan pembuatannya ini berlokasi di RT 08 RW 08 Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Total biaya dari 4 lubang Ipal Komunal ini menggunakan Dana Sosial Syariah FIFGROUP sebesar lebih dari Rp130 juta.

Peresmian Kampung Sehat Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) hari ini dihadiri oleh Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communicaton, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, yang didampingi oleh Deputy Division Head Corporate Communication, Robertus Benny Dwi Koestanto, EHSSR & Sustainability Management Department Head, Charles DW Simaremare, dan CSR Senior Analyst, Dino Saputra.

Selain itu, hadir juga Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan, dr. Yudi Dimyati, MKM, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat (KesMas) Sudinkes Jaksel, drg. Jhonson Hotsar, MM, Camat Cilandak, Djaharuddin, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cilandak, dr. Maryati, serta Lurah Lebak Bulus, Bapak Jaenudin S.Sos.

 

SDG’s No. 6

Dalam sambutannya, Esther mengatakan : “Pembangunan Ipal Komunal STBM ini mendukung salah satu dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs), tepatnya di poin ke 6 yaitu air bersih dan sanitasi layak yang merupakan salah satu goal dari Pilar Pembangunan Lingkungan, di mana tujuannya untuk menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua. Salah satu cara sanitasi yang dapat dilakukan khususnya di lingkungan pemukiman adalah pembangunan IPAL. Sarana pembuangan air limbah ini menjadi salah satu faktor penting karena air limbah dapat menjadi sumber penyakit bagi masyarakat.”

“Semoga apa yang dilakukan FIFGROUP hari ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan, serta turut membantu meningkatkan taraf kesehatan seluruh warga di sekitar ring 1 Kantor Pusat FIFGROUP,” tambah Esther.

Hal senada juga diungkapkan Charles, yang ditemui usai acara mengatakan, bahwa Ipal Komunal merupakan unsur yang sangat penting sebagai salah satu syarat menjadi kota yang bersih dan sehat. Dan mengajak kepala keluarga yang terdampak untuk bersama – sama dan saling bekerja sama menjaga dan merawat Ipal Komunal ini, agar prilaku hidup sehat di tengah masyarakat dapat terwujud.

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, mengatakan : “Saya bersyukur dengan telah diresmikannya Kelurahan Lebak Bulus menjadi kelurahan Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) hasil kolaborasi dan kerja sama dengan FIFGROUP. Pada kesempatan ini, saya bersyukur dan berterima kasih kepada FIFGROUP atas program ini, semoga kerja sama kita terus berjalan dengan program lainnya. Saya juga mengajak seluruh pihak untuk merawat, menjaga, serta mempertahankan ODF-nya, sesuai dengan deklarasi yang sudah diucapkan oleh 9 Ketua Rukun Warga (RW).”

Suwahyo, Ketua RT 08 mengatakan : “Senang sekali, FIFGROUP bangun Ipal Komunal ini hingga membuat sanitasi di lingkungan kami ini jauh lebih layak dan sehat. Terima kasih banyak FIFGROUP.”

Seirama dengan Suwahyo, Kepala Sudinkes Jaksel dr. Yudi Dimyati, MKM mengatakan : “Menjadi hal yang patut kita syukuri, bahwa FIFGROUP sangat memperhatikan kesehatan dan keberlangsungan lingkungan sehat di sekitar kantor pusat FIFGROUP. Semoga apa yang dilakukan hari ini dapat terus kita jaga dan rawat hingga bermanfaat bagi anak cucu dan bumi ini.”.(ahmad)

Tags :