KAI Daop 1 Jakarta Lakukan Inpeksi Jalur KA di Lintas Cikarang-Cikampek

  • Oleh : Fahmi

Senin, 13/Nov/2023 17:27 WIB
Ispeksi jalur KA oleh KAI Daop 1 Jakarta di Lintas Stasiun Cikarang - Cikampek untuk persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru 2024. Ispeksi jalur KA oleh KAI Daop 1 Jakarta di Lintas Stasiun Cikarang - Cikampek untuk persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru 2024.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan inspeksi jalur Kereta Api (KA) dari Stasiun Cikarang sampai dengan Stasiun Cikampek menggunakan Dresin.

Pemeriksaan ini dipimpin langsung oleh Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Iwan Eka Putra, dan diikuti jajaran serta petugas terkait.

Baca Juga:
Stasiun Jatinegara Layani Naik Penumpang KA Jarak Jauh Khusus Minggu 23 Juni 2024

Kegiatan inspeksi ini dilakukan guna persiapan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 khususnya terkait dengan pengecekan fasilitas operasional, fasilitas pendukung perjalanan KA, hingga kemampuan SDM dalam mengamankan dan menjaga perjalanan KA agar selamat, aman, lancar dan terkendali.

Terlebih, saat ini kondisi cuaca yang sangat panas, dapat mempengaruhi kondisi kontruksi material prasarana, juga kondisi petugas yg sedang bekerja di lintas.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik Kereta Api Hari Ini, 38 Ribu Lebih Penumpang Menuju Jakarta

Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Iwan Eka Putra mengatakan, pada inspeksi kali ini terdapat di delapan stasiun yaitu, Cikarang, Lemahabang, Kedung gedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan hingga Cikampek.

"Yang menjadi objek pemeriksaan antara lain kelengkapan administrasi, fasilitas stasiun, kecakapan petugas, serta prasarana perjalanan KA, seperti jalur rel, jembatan, wesel, hingga mencari potensi bahaya di sepanjang jalur kereta api," ujat Iwan, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 255 Ribu Lebih Tempat Duduk KA Spanjang Libur Panjang Idul Adha

Dijelaskannya, KAI memiliki Standard Operasional Prosedure (SOP) yang akan diterapkan oleh petugas di masing-masing bagian di wilayah kerja. Namun, diingatkannya, kerjasama serta kolaborasi antarunit harus selalu dilakukan dengan baik dan benar agar keamanan semakin terjaga.

“Namun demikian, kontrol pimpinan kepada bawahan atau pengawasan melekat (Waskat) tetap diperlukan dalam menjamin keselamatan perjalanan kereta api, serta mendengarkan kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana mengambil tindakan dalam mendapatkan solusi yang tepat,” sambung Iwan.

Tidak hanya fokus terhadap peralatan pendukung kerja, jajaran manajemen juga melakukan diskusi serta memberikan pembinaan dan arahan kepada petugas mulai dari tingkat Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) dilintas hingga jajaran paling bawah.

“Jajaran Management KAI Daop 1 melakukan inspeksi untuk memastikan secara langsung bahwa pemeliharaan dan pengendalian resiko keselamatan di area stasiun serta lingkungannya sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai tugas pokok dan fungsi,” ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan pada hari ini, keseluruhan jalur mulai Stasiun Cikarang sampai dengan Stasiun Cikampek dinyatakan aman. Hal tersebut dapat dipastikan setelah peninjauan dari beberapa aspek seperti jalur rel, keamanan sekitar jalur dari potensi gangguan, potensi cikal bakal perlintasan sebidang, hingga potensi gangguan dari keamanan ketertiban maupun masyarakat yang masih beraktifitas di jalur KA.

KAI Daop 1 Jakarta akan terus melakukan berbagai upaya secara maksimal dalam menjaga keselamatan dan kelancaran operasional KA. Namun, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan di sekitar jalur KA, maupun mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktifitas di jalur KA.

"Secara umum semua fasilitas prasarana perkeretapian dan keselamatan perjalanan KA dalam kondisi baik," ungkap Iwan. (Fhm)