Kemenhub Gelar Gerai Surat Ukur Kapal di Tanah Laut Kalsel

  • Oleh : Naomy

Kamis, 16/Nov/2023 16:29 WIB
Pengukuran kapal oleh tim Ditkapel di Tanah Laut Pengukuran kapal oleh tim Ditkapel di Tanah Laut

 

TANAH LAUT (BeritaTrans.com) – Para nelayan di Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat kemudahan dalam mengurus dokumen kapal, menyusul hadirnya Gerai Surat Ukur Permanen di desa mereka yang digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, 14-15 November 2023.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Ajak Masyarakat Tanah Laut Taati Aturan Keselamatan Saat Naik Kapal

Kegiatan Gerai Surat Ukur Permanen untuk kapal penangkap ikan ukuran sampai dengan 30 GT ini merupakan kerja sama antara Kemenhub dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan yang resmi dibuka oleh Pj. Bupati Tanah Laut diwakili Safarin.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kintap Faisal Fattah mengatakan, total 54 kapal nelayan yang diukur Tim Ahli Ukur Kapal dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan serta Tim UPP Kintap.

Baca Juga:
Dongkrak Potensi Maritim dan Pertumbuhan Ekonomi di Tanah Laut, Kemenhub Segera Tetapkan Alur Pelabuhan Pelaihari

“Tim Kemenhub datang untuk menjemput bola ke Desa Pagatan Besar untuk mempermudah para nelayan karena hampir setiap hari mereka melaut untuk mencari nafkah, sehingga kedatangan ahli ukur kapal ke desa mereka disambut antusias oleh para nelayan,” jelas Faisal, Rabu (15/11/2023). 

Pihaknya berharap melalui Gerai Surat Ukur Permanen Kapal ini, para nelayan bisa memiliki dokumen kapal yang lengkap sehingga bisa lebih aman saat melaut.

Sementara itu mewakili Pj. Bupati Tanah Laut Safarin menyampaikan terimakasih kepada Kemenhub, karena para nelayan merasa terbantu dengan adanya gerai ini sehingga tak lama lagi mereka akan memiliki dokumen kapal yang lengkap. 

“Terima kasih saya sampaikan kepada Kemenhub, dengan adanya Gerai Surat Ukur Permanen ini para nelayan sangat terbantu," kata Safarin.

Para Nelayan di Desa Pagatan Besar juga mengaku senang dan berterimakasih atas kedatangan ahli ukur kapal dari Kementerian Perhubungan. 

Pasalnya, selama ini mereka kurang mendapatkan informasi ketika hendak mengurus dokumen kapal. (omy)