Pemerintah Hadirkan Beragam Gelaran di Harkannas 2023 di Lapangan Banteng Jakarta

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 18/Nov/2023 18:27 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan beragam kegiatan menarik dalam gelaran Harkannas Tahun 2023. Mulai dari pasar ikan murah, lomba masak ikan, expo produk perikanan, hingga bagi-bagi ikan gratis. 

Rencananya kegiatan bertajuk "Ikan untuk Generasi Emas" tersebut akan berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta pada 19-21 November 2023.

Baca Juga:
Kementerian-KP Galang Dukungan Internasional, Perluas Kawasan Konservasi Laut

"Ada banyak agenda kegiatan untuk menyemarakkan Harkannas ke-10 tahun ini," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (18/11/2023). 

Budi memaparkan kegiatan Harkannas tahun ini, tidak hanya kegiatan demo masak ikan dan expo produk perikanan, tetapi juga ada kegiatan pembagian ikan gratis, pasar ikan murah, hiburan dan doorprize, serta aktivasi digital yang bisa diikuti di tempat acara. 

Baca Juga:
KKP Temui Kejagung, Minta Pendampingan Peraturan Pengelolaan Lobster?

Tahun ini, juga diagendakan Pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada puncak peringatan Harkannas tanggal 21 November 2023 di Lapangan Banteng Jakarta.

"Intinya kita ingin mengajak masyarakat untuk merasakan kecintaan terhadap ikan dengan makan beraneka olahan ikan," jelasnya. 

Baca Juga:
Kementerian-KP Raih Pengakuan Standar Internasional Anti Suap

Senada, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Dwiyana memastikan akan ada Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional yang diikuti oleh perwakilan dari tiap provinsi di Indonesia. 

"Ini acara 3 hari full di Lapangan Banteng, Jakarta, jadi buat masyarakat khususnya di Jabodetabek, kami mengundang untuk datang dan memeriahkan acara ini," kata Erwin. 

Kendati dipusatkan di Jakarta, Erwin mengimbau masyarakat yang di luar Jabodetabek pun dapat ikut meramaikan Harkannas dengan mengikuti reels challenge atau twibbon dan memposting pengalaman atau kisah unik tentang makan ikan. 

"Jauh bukan berarti tak bisa meramaikan, silakan dicek instagram Gemarikan dan Ditjen PDSPKP, ada lomba-lomba yang juga bisa diikuti di momen Harkannas kali ini," terangnya. (fhm)