Bangunan Baru Stasiun Tambun Dibuka Layani Penumpang KRL

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 19/Nov/2023 19:03 WIB
Stasiun Tambun. Stasiun Tambun.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang November 2023 sebanyak 15.261.398 orang, dengan pengguna tertinggi pada Senin 6 November 2023 kemarin yaitu sebanyak 929.069 orang. Hal itu diungkapkan VP Corrporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (19/11/2023).

Rata-rata volume penumpang pada hari kerja sebanyak 901.708 orang per hari dan sebanyak 707.838 orang per hari pada akhir pekan.

Baca Juga:
Insiden Eskalator di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

"Pengingkatan layanan pengguna juga terus dilakukan untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi khususnya layanan di stasiun keberangkatan. Salah satunya adalah layanan di Stasiun Tambun sebagai stasiun pemberangkatan Commuter Line Lintas Cikarang," kata Anne.

Mulai 18 November 2023 kemarin, KAI Commuter telah mengoperasikan dan mengalihkan seluruh layanan dari bangunan lama stasiun ke bangunan baru stasiun yang telah selesai di revitalisasi oleh Pemerintah melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Jakarta Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
Penumpang KA Lokal Merak Capai 13.720 Per Hari

Bangunan baru stasiun hasil revitalisasi ini memiliki aksesibilitas dan fasiltas layanan yang lebih baik, dilengkapi dengan lift untuk pengguna berkebutuhan khusus, toilet disabilitas, ruang laktasi, pos kesehatan, dan hall maupun peron yang lebih luas untuk melayani pengguna.

Di hall lantai 1 bangunan baru stasiun, KAI Commuter mengoperasikan 10 buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna serta membuka 2 loket penjualanan tiket serta menyediakan ruang laktasi dan toilet disabilitas. 

Baca Juga:
KAI Commuter: Penumpang Commuter Line Basoetta Capai 6.142 Lebih Per Hari

Untuk akses keluar masuk stasiun, bangunan baru Stasiun Tambun terdapat dua akses untuk menuju Hall lantai 1, arah Barat dari arah area parkiran dan akses Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang baru dibuka di sisi Utara dari Jalan Kp. Kobak. Dengan akses JPO tersebut masyarakat juga bisa menggunakannya untuk mobilitas sehari-hari. 

Di Stasiun Tambun pelayanan perjalanan Commuter Line melayani untuk tujuan Stasiun Cikarang dan tujuan Stasiun Kampung Bandan/Angke via Manggarai maupun via Pasar Senen. Sementara itu, saat ini KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 268 perjalanan Commuter Line Cikarang tiap harinya, dengan jumlah 174 perjalanan yang dilayani di Stasiun Tambun. Sedangkan, rata-rata volume pengguna pada hari kerja di stasiun tersebut sebanyak 11.039 orang per harinya, dan sebanyak 9.153 orang per hari pada akhir minggu.

"Dengan pengoperasian bangunan baru Stasiun Tambun diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perjalanan dan layanan kepada pengguna kereta api khususnya Commuter Line. KAI Commuter mengajak kepada seluruh pengguna agar selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area Stasiun Tambun untuk kenyamanan bersama," ujar Anne.

Pada Commuter Line Basoetta, sepanjang November 2023 ini tercatat rata-rata pengguna pada hari kerja sebanyak 6.771 orang dan pada akhir pekan sebanyak 6.052 orang. Setiap harinya KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan Commuter Line Basoetta dengan relasi Manggarai – Bandara Soekarno Hatta PP. Dengan pelayanan naik dan turun pengguna di Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri dan Stasiun BNI City diharapkan dengan adanya Commuter Line Basoetta menjadi alternatif bagi masyarakat wilayah tanggerang menuju pusat kota.

Sedangakan untuk pelayanan Commuter Line Merak, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan Commuter Line Merak per harinya mulai pukul 05.05 WIB sampai dengan pukul 21.22 WIB. Sepanjang November 2023 ini, KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line Merak sebanyak 202.835 orang, dengan rata-rata pengguna pada hari kerja sebanyak 9.885 orang per hari dan rata-rata pengguna hari libur dan akhir pekan sebanyak 14.866 orang per hari. 
 
Mengingat beberapa hari terakhir di wilayah Jabodetabek turun hujan, KAI Commuter mengingatkan pengguna untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. Hindari pemberangkatan di jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Untuk informasi seputar perjalanan dan jadwal perjalanan Commuter Line dapat diakses melalui aplikasi C-Access dan akun media sosial @commuterline serta website commuterline.id.(fhm)