UIM Sport International: InJourney Penyelenggara Terbaik Aquabike Jetski World Championship

  • Oleh : Naomy

Selasa, 28/Nov/2023 07:51 WIB
Aquabike Jetski di Danau Toba Aquabike Jetski di Danau Toba

 

BALIGE (BeritaTrans.com) – Indonesia dinilai sukses menjadi penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023. Ajang ini telah dihelat pada 22 – 26 November 2023 di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, yaitu Karo, Dairi, Samosir, dan Toba.

Baca Juga:
Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Jadi Kunci Pariwisata Indonesia Sebagai Destinasi Global

Event yang dikemas dengan Pesta Rakyat Danau Toba ini berhasil menyedot lebih dari 200.000 pengunjung.

Keberhasilan ini juga diakui oleh Founder H20 Racing Management, Nicolo Di San Germano yang menyebut bahwa Danau Toba merupakan venue terbaik di dunia sebagai lokasi balapan jetski. 

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

Hal ini diungkapkan Nicolo disela-sela Konferensi Pers di Balige, Sumatera pada Sabtu (25/11). 

“Ada banyak alasan kenapa Danau Toba menjadi venue di ajang ini, diantaranya karena kemegahan, kecantikan, serta keindahan Danau Toba yang layak dikenal lebih banyak masyarakat dunia,” katanya.

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Nicolo yang sudah 42 tahun menggeluti industri water sport ini mengakui bahwa InJourney merupakan penyelenggara terbaik dalam kejuaraan Aquabike. 

“Sebagai perusahaan penyelenggara, InJourney bisa memberikan input kepada kami untuk menggelar dan mengelola event race ini,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuturkan, Indonesia telah berhasil menorehkan sejarah, di mana Danau Toba pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang Jetski internasional yang melibatkan 118 pembalap. 

Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kolaborasi yang apik dari para stakeholder yang terlibat. 

"Terima kasih Polri, TNI, Basarnas, InJourney, Kemenkomarves, Kemenkominfo, Kemenpora dan termasuk teman-teman dari stakeholder pariwisata. Saya ucapkan selamat karena prestasi ini membuat Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan semakin dikenal oleh dunia,” tuturnya.

Sandiaga menegaskan optimismenya dengan event ini banyak hotel-hotel terisi, produk- produk UMKM laris terjual, dan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat bukan hanya kawasan Kabupaten Toba, tapi juga di Dairi, Karo, dan Samosir.

“Seluruh daerah yang terlibat dapat merasakan manfaatnya tak hanya dari pariwisata, tetapi juga ekonomi kreatifnya,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengatakan, kejuaraan Aquabike Jetski World Championship ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan atlet jetski nasional. 

“Dampak dari ajang ini ialah meningkatkan industri olahraga air, khususnya Jetski, serta pembinaan untuk para atlet ke depan,” kata Dito.

Optimisme juga diungkapkan Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin. Dia mengatakan, balapan jetski kelas dunia ini membuka pintu bagi Sumatra Utara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif.

“Kami bersyukur serta berbangga karena Sumatra Utara masih diberikan kesempatan sebagai tuan rumah Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba. Tentunya dengan kolaborasi yang baik kita berhasil menyelenggarakan event pertama kali ini beserta side event di masing-masing kabupaten terkait,” jelasnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, Maya Watono mengungkapkan rasa bangganya dapat diberi kesempatan dan dipercaya sebagai BUMN penyelenggara ajang ini.

“Penyelenggaraan sebuah event merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus didukung untuk jangka panjang, lima hingga sepuluh tahun ke depan. Jika berkaca pada penyelenggaraan F1Powerboat 2023, dampak ekonominya mencapai Rp1,7 triliun. Tentunya kita harapkan dampak ekonomi terhadap Indonesia, khususnya Sumatra Utara, terlebih lagi kawasan Danau Toba bisa mencapai lebih dari Rp 1,7 triliun karena ajang ini dilaksanakan selama 5 hari di 4 kabupaten dan setiap harinya bisa mencapai puluhan ribu penonton,” ucap Maya.

Aquabike Jetski World Championship Danau Toba resmi berakhir dengan pemenang sebagai berikut:
Circuit World Championship 2023
1. Kategori Freestyle: Roberto Mariani (Italia)
2. Kategori Ski Division: Mickael Poret (Prancis)
3. Kategori Ski Ladies: Jessica Chavanne (Prancis) 
4. Kategori Runabout: Francois Medori (Prancis)

Grand Prix of Lake Toba 2023
1. Kategori Freestyle: Roberto Mariani (Italia)
2. Kategori Ski Division: Morgan Poret (Prancis) 3. Kategori Ski Ladies: Jessica Chavanne (Prancis) 
4. Kategori Runabout: Jeremy Perez (Prancis)

Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba berhasil mencatat berbagai rekor. 

Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan berbagai apresiasi atas kesuksesannya menyelenggarakan event olahraga berskala internasional ini. 

Setelah Indonesia, Vietnam akan menjadi tuan rumah berikutnya untuk kejuaraan Aquabike Jetski World Championshop pada Maret 2024. (omy)