Masa Liburan Tiba, Tiket KA Nataru Keberangkatan Daop 5 Purwokerto Masih Tersedia

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 16/Des/2023 13:31 WIB
Kereta api jarak jauh. (Foto/dok.KAI) Kereta api jarak jauh. (Foto/dok.KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menetapkan Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 akan berlangsung pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. 

Hingga hari ini, Sabtu 16 Desember 2023, khusus di Daop 5 Purwokerto, tiket Nataru sudah terjual sebanyak 87.000 atau 41% dari total ketersediaan tempat duduk yakni 211.245 seat baik keberangkatan awal dari wilayah Daop 5 maupun KA-KA yang melintas di Daop 5 Purwokerto. Hal itu disampaikan Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih dalam keterangannta, Sabtu.

Baca Juga:
Sambut Liburan Panjang, KAI Daop 5 Purwokerto Tambah Kapasitas Kursi Penumpang KA

"KAI Daop 5 Purwokerto mengimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari karena sebanyak 124.245 tiket masih tersedia namun proses pemesanan tiket berjalanan terus," ujar Feni.

Selama 18 hari periode Angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto menambah perjalanan KA untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api. Per harinya, KAI Daop 5 Purwokerto akan mengoperasikan 2 KA Tambahan keberangkatan awal dari stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto. 

Baca Juga:
Ayo Serbu Diskon Tarif Kereta Api hingga 25% Hanya di Event Cilacap UMKM Expo 2024

Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 29 November 2023 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

KA-KA tambahan tersebut yaitu KA Kutojaya Utara Tambahan relasi dari Stasiun Kutoarjo-Jakarta Kota PP, berangkat pada pukul 21.50 dan tiba pukul 06.38 WIB. KA Kutojaya Utara Tambahan membawa rangkaian 7 kelas bisnis dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 448 tempat duduk (TD), sehingga selama masa angkutan Nataru total seat berjumlah 8.064 TD. KA Kutojaya Utara Tambahan akan berhenti di Stasiun Kutowinangun, Kebumen, Gombong, Sumpiuh, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, Prupuk, Ketanggungan, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Pegaden Baru, Bekasi, Jatinegara, Pasarsenen dan berakhir di Stasiun Jakarta Kota. Untuk tarif kelas bisnis pada KA Kutojaya Utara Tambahan mulai dari Rp 275 ribu. 

Baca Juga:
Lebih 63 Ribu Penumpang Gunakan KA dari Daop 5 Purwokerto pada Periode Long Weekend Kenaikan Isa Almasih

Selain itu, ada juga KA Tambahan Malioboro Express yang sebelumnya keberangkatan awal dari Stasiun Yogyakarta-Malang menjadi relasi dari Stasiun Purwokerto-Malang PP. KA Malioboro Ekspress ini terdiri dari 3 kelas eksekutif dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 150 TD dan 5 kelas bisnis dengan kapasitas sebanyak 320 TD. Dengan demikian total seat KA Malioboro Ekspress Tambahan selama masa angkutan Nataru sebanyak 2.700 TD kelas eksekutif dan 5.760 TD kelas bisnis. KA Malioboro Express ini berangkat dari Stasiun Purwokerto pada pukul 07.00 WIB dan akan berhenti di Stasiun Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solobalapan, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malangkota Lama, dan tiba di Stasiun Malang pada pukul 16.14 WIB. Tarif KA Malioboro Express untuk kelas Bisnis mulai Rp 280 ribu dan untuk kelas eksekutif mulai dari Rp 350 ribu.

"Hadirnya KA tambahan ini menunjukkan kesiapan Daop 5 dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Feni.

Selain KA Tambahan dengan keberangkatan awal dari Daop 5 Purwokerto, ada juga KA-KA Tambahan yang melintasi Daop 5 Purwokerto pada periode Nataru tanggal 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024, sebagai berikut:

1. KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), 
2. Taksaka Tambahan Pagi (Gambir – Yogyakarta pp), 
3. Taksaka Tambahan Malam  (Gambir – Yogyakarta pp), 
4. Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp), 
5. Lodaya Tambahan Pagi (Bandung – Solo Balapan pp), 
6. Lodaya Tambahan Malam (Bandung – Solo Balapan pp), 
7. KA Tambahan Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp)

Adapun tanggal keberangkatan favorit pada Angkutan Nataru keberangkatan dari Daop 5 Purwokerto yaitu pada 1 Januari 2024 dengan KA-KA yang menjadi favorit seperti KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen pp, KA Wijayakusuma relasi dari Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang pp, KA Kutojaya Selatan relasi dari Kutoarjo-Kiara Condong pp, dan KA Kutojaya Utara relasi dari Kutoarjo-Pasarsenen pp.(fhm)