Kereta Api Ramai saat Nataru, Penumpang Diimbau untuk Jaga Barang Bawaan Agar Tidak Tertinggal

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 29/Des/2023 18:18 WIB
Penumpang dengan barang bawaan yang berhasil ditemukan olah petugas KAI melalui layanan Lost and Found.(Foto/dok.KAI) Penumpang dengan barang bawaan yang berhasil ditemukan olah petugas KAI melalui layanan Lost and Found.(Foto/dok.KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ramainya penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) saat memasuki libur natal dan tahun baru, juga meningkat barang bawaan tertinggal di peron stasiun maupun di atas kereta api.

Sebagai bentuk pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas. 

Baca Juga:
Meningkat Lagi, 44 Ribu Penumpang KA Tiba di Daop 1 Jakarta

"Selama periode nataru yang telah berjalan selama 9 hari sejak 21 s.d 29 Desember 2023 tercatat 19  barang milik penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, Jumat (29/12/2023).

Dikatakan Ixfan, dri jumlah tersebut, delapan diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti Laptop, Telepon Seluler, Tas, Dompet hingga Paspor.

Baca Juga:
Masuki H2+8 Lebaran, Jumlah Penumpang Datang ke Jakarta Masih Tinggi

KAI Daop 1 Jakarta mengimbau agar penumpang memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal.

Ixfan juga menyampaikan, bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121. 

Baca Juga:
KAI: Lebih 3.6 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran hingga Arus Balik Terjual, Ini Rinciannya!

Untuk mengakomodir layanan KAJJ saat libur Nataru KAI Daop 1 Jukarta juga melakukan penambahan area dan kursi tunggu untuk penumpang. Di Stasiun Pasar Senen fasilitas kursi tunggu stasiun kini tersedia sebanyak 2100 tempat duduk, sementara di Stasiun Gambir tersedia sebanyak 1200 tempat duduk.

Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah area pelayanan, saat ini terdapat petugas Costumer Service mobile (CSM) yang akan membantu penumpang di berbagai area pelayanan Stasiun.(Fhm)