Kemenhub Lakukan Evakuasi KA Anjlok di Sidoarjo

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 14/Janu/2024 21:06 WIB
BTP Surabaya menurunkan sejumlah alat berat untuk melakukan evakuasi kereta api anjlok di Pandalungan, Sidoarjo yang terjadi pada Ahad (14/4/2024) pagi. BTP Surabaya menurunkan sejumlah alat berat untuk melakukan evakuasi kereta api anjlok di Pandalungan, Sidoarjo yang terjadi pada Ahad (14/4/2024) pagi.

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Kereta api (KA) mengalami kecelakaan anjlok di jalur rel Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur pada Ahad (14/1/2024) pagi.

Balai Teknik Perkeretaapian (BPT) Kelas I Surabaya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan bersama KAI Daop 8 Surabaya mendatangkan kereta penolong untuk melakukan evakuasi kereta yang anjlok.

Baca Juga:
KNKT Ungkap Penyebab KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin: Wesel Patah

"Sebagai tindaklanjut insiden ini, DJKA dan PT KAI Daop 8 Surabaya sedang mengevakuasi bersama kereta dan lokomotif yang anjlok di tempat kejadian dengan mendatangkan kereta penolong dari Depo Sidotopo dan Malang," ujar Kepala BTP Kelas I Surabaya, Nurhadi Unggul Wibowo dalam keterangannya, Ahad (14/1/2024).

Selain itu, DJKA juga mengirimkan 1 unit crane KiROW SC 3 05 01 dari Depo Solo Balapan, yang sudah berada di lokasi untuk mempercepat proses evakuasi. 

Baca Juga:
Kereta Api Manahan Tabrak Truk di Brebes hingga Anjlok, 2 Orang Tewas

Adapun proses evakuasi berjalan lancar dan tersisa 2 unit sarana yang masih dalam tahap evakuasi, yaitu 1 kereta pembangkit dan 1 unit lokomotif CC 203 98 04.

Nurhadi menjelaskan, Kereta Api Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember mengalami anjlok saat sedang melintasi jalur tersebut pada pukul 7.57 WIB.

Baca Juga:
Jalur Rel di Stasiun Tanggulangin Sudah Bisa Dilewati Kereta Api

Kejadian tersebut dikatakan, tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Menurut Nurhadi, saat ini proses evakuasi masih berlangsung, jalur KA tidak dapat dilewati untuk sementara waktu. 

"Kami memohon maaf atas terhambatnya perjalanan KA yang akan melewati Stasiun Tanggulangin," paparnya. (fhm)