Wujudkan Pendidikan Terbaik, Mahasiswa KKN UNSIKA Terjun Langsung ke Masyarakat

  • Oleh : Fahmi

Senin, 22/Janu/2024 14:17 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

KARAWANG (BeritaTrans.com) - Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) terjun langsung melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mewujutkan pendidikan yang baik.

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang akan mendorong Majunya suatu bangsa. baik tidaknya Pendidikan tersebut mempengaruhi perkembangan harapan muda bangsa. 

Baca Juga:
Mahasiswa KKN 2024 Unsika Gelar Pekan Olahraga Desa Pasirukem Day

Hal inilah yang mendorong kawan-kawan KKN UNSIKA untuk ikut terjun langsung Mengabdi Ke masyarakat untuk ikut membantu pendidikan khususnya di Desa Pasirukem. 

Peserta KKN Ana Nurilahi menjelaskan kegiatan mulai dari memberikan pendidikan tambahan di SD Pasirukem 1 dan SD Pasirukem 2, kegiatan pohon literasi di SD Pasirukem 1 dan SD Pasirukem 2 hingga les baca tulis dan menghitung di PAUD Al-Bayan.

"Kawan-kawan KKN UNSIKA ini rela terjun langsung ke 2 sekolah dasar di Pasirukem pada hari Senin - Jumat dimulai pada hari kamis tanggal 11 januari kemudian ditutup pada hari senin tanggal 22 Januari," ujar Ana, Senin (22/1/2024)

Dijelaskan, tak hanya mengajarkan pendidikan dasar kawan-kawan KKN UNSIKA juga memberikan edukasi yang dapat mengasah kreativitas anak-anak tepatnya siswa-siswi SD Pasirukem 1 dan SD Pasirukem 2. 

Materi yang teman-teman KKN UNSIKA berikan setiap harinya selalu berganti. Materinya disesuaikan dengan jam mata pelajaran yang sudah diatur oleh masing masing tenaga pendidik di SD Pasirukem 1 dan SD Pasirukem 2.

Bukan hanya kegiatan di bidang pembelajaran tatap muka saja. kawan-kawan KKN UNSIKA juga ikut membantu meningkatkan minat baca siswa di SD Pasirukem 1 dan SD Pasirukem 2 dengan mengadakan kegiatan Pohon Literasi, yaitu kegiatan membaca buku sebelum jam mata pelajaran dimulai, kemudian setiap buku yang berhasil di selesaikan oleh siswa diberikan apresiasi berupa penempelan buah ke pohon literasi.

Selain melakukan kegiatan di sekolah dasar, mahasiswa KKN UNSIKA juga melakukan kegiatan les baca tulis dan menghitung (calistung) di PAUD AL-Bayan, dengan metode belajar sambil bermain dengan cara bernyanyi, serta permainan gambar-gambar hewan agar anak PAUD AL-Bayan bisa melaksanakan pembelajaran dengan riang dan tidak membosankan.(fhm)