Penerbangan Perdana dari Kunming Landing di Bandara Hang Nadim, Angkut 133 Wisman

  • Oleh : Redaksi

Senin, 22/Janu/2024 14:58 WIB
Penyambutan penumpang penerbangan perdana China-Batam dengan Citilink Penyambutan penumpang penerbangan perdana China-Batam dengan Citilink

BATAM (BeritaTrans.com) - Sebanyak 133 wisatawan mancanegara (wisman) asal Kota Kunming, China tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Ahad pagi (21/1/2024) pukul sekitar pukul 05.00 WIB. 

Penerbangan China-Batam ini menggunakan pesawat Airbus A320 milik maskapai Citilink. 

Baca Juga:
Bandara Hang Nadim Ada Rute Penerbangan Ke Kuala Lumpur dengan Batik Air

Direktur PT Bandara International Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah menyambut baik kehadiran rute internasional baru ini. 

"Rute baru ini dapat membuka peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata, perdagangan, industri, dan tentunya akan memberikan peluang dan pengalaman baru bagi pelanggan untuk menjelajahi destinasi menarik di kedua negara," ujar Pikri.

Baca Juga:
Bandara Sultan Thaha Siap Layani Rute Penerbangan Jambi - Batam dengan SAJ Mulai 27 Maret

Setelah rute Batam-China, BIB berencana akan membuka 4 rute internasional lainnya, yakni Batam tujuan Korea, Thailand, Kuala Lumpur (Malaysia) dan Vietnam. Sementara untuk rute domestik, Batam sudah terhubung dengan 24 kota, yang rencananya akan bertambah menjadi 30 kota di tahun ini, dikutip dari laman bisnis.com.

"Selain ini, akan ada empat pembukaan jaringan penerbangan Internasional lainnya dari Batam ke empat negara. Dan ini adalah bagian dari usaha kami dalam membentuk aksesbilitas untuk mencapai target 3 juta kunjungan wisman ke Batam," ungkapnya. 

Baca Juga:
Penumpang Bandara Hang Nadim Terus Meningkat, Tembus 3,5 Juta

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Guntur Sakti menyambut baik pembukaan rute baru Batam-China-Batam. 

Menurutnya, kehadiran rute baru ini dapat membantu pencapaian angka kunjungan wisatawan 3 juta di Kepri tahun ini.

"Mengingat dari 3 juta wisman ini, Batam memiliki target kunjungan wisatawan di angka 2,3 juta. Sementara sisanya akan ditargetkan di Bintan sebanyak 500 ribu. Tanjung Pinang dan Karimun masing-masing kita targetkan 100 ribu," jelasnya. 

Kehadiran rute baru penerbangan Batam-China tersebut merupakan tindak lanjut dan komitmen BIB dalam program leaving legacy dengan menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan (serving demand to creating demand). 

Pada periode Januari–Maret penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali seminggu, periode April – Mei direncanakan dua kali seminggu, dan pada periode selanjutnya sampai dengan Januari 2025 direncanakan menjadi tiga kali seminggu. (soleh)