Kemenhub Siap Optimalkan Pendidikan Vokasi di BPSDMP

  • Oleh : Naomy

Kamis, 25/Janu/2024 08:22 WIB
Plt Kepala BPSDMP Plt Kepala BPSDMP


MADIUN (BeritaTrans.com) - Berbagai inovasi dan trobosan peningkatan kualitas SDM di bidang transportasi terus dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dengan mendorong Perguruan Tinggi di bawah pengelolaannya guna mengoptimalkan Badan Layanan Umum (BLU), sehingga lebih maksimal dalam memberikan pendidikan vokasi.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Plt. Kepala BPSDMP, Capt Wisnu Handoko mengungkapkannya saat membuka kegiatan Rapat Kerja (Raker) dan Giat Jiwa Korsa di Lingkungan BPSDMP di Madiun, Jawa Timur, Rabu (24/1/2024) malam. 

Menurutnya kegiatan yang mengusung tema “Pemanfaatan Saldo Awal dan Evaluasi Pemanfaatan Aset BLU Semester I Tahun 2024” adalah untuk menyelaraskan kembali visi dan tujuan pihaknya dalam mengelola BLU di lingkungan BPSDMP. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

“Saat ini BPSDMP memiliki 25 Unit Kerja BLU di Bidang Pendidikan, kami berharap unit kerja yang telah berstatus sebagai BLU ini lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan vokasi,” kata Capt. Wisnu.

Dia juga menjelaskan, di beberapa kesempatan Bapak Presiden Joko Widodo meminta Lembaga Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka instansi pemerintah didorong menjadi BLU. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Hal ini, agar layanan publiknya menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih berkualitas. 

"BLU yang ada dibawah BPSDMP harus bisa mengoptimalkan perannya sehingga pendidikan vokasi menjadi lebih maju lagi," ujarnya

Dia juga menambahkan bahwa BLU dibekali dengan seperangkat keleluasaan atau fleksibilitas dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya bagi peningkatan Layanan. Dan fleksibilitas yang diberikan bagi BLU merupakan alat untuk mencapai tujuan meningkatkan layanan.

“Saya juga berharap Pimpinan BLU di bawah BPSDMP harus dapat memiliki kreatifitas yang tinggi terkait dengan pengembangan unit usahanya, pimpinan BLU harus mampu mengembangkan unit usaha di luar layanan utamanya tanpa menghilangkan misi utamanya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pada bisnis utamanya,” bebernya.

Pada Raker Tahun 2024 ini, ada beberapa hal yang di bahas. Seperti evaluasi pelaksanaan anggaran T.A 2023, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024, optimalisasi manajemen pengelolaan aset negara melalui digitalisasi, implementasi manajemen risiko pada unit kerja di lingkungan BPSDMP serta strategi implementasi BPSDMP tahun 2025-2029 yang mengacu pada Kebijakan Strategis Kementerian Perhubungan Tahun 2025-2029.

“Melalui Raker ini saya berharap akan muncul ide – ide baru serta masukan dari Peserta Raker sehingga BPSDMP dapat melaksanakan tugasnya untuk lebih baik lagi dan tujuan untuk mewujudkan pengelolaan SDM di bidang transportasi yang berkualitas unggul dan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dapat dicapai,” ujar Capt Wisnu.


Kompetisi Olahraga

Sebagai rangkaian dari Raker ini, juga dilaksanakan kegiatan kompetisi olahraga yang diberi nama Jiwa Korsa BPSDM 2024 dengan mengusung tema “Meraih Prestasi dengan Sportivitas dan Integritas” yang menjadi gambaran BPSDMP agar selalu meraih “PRESTASI” di segala bidang. 

Dalam pelaksanaan giat Jiwa Korsa ini ada 13 cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan. 

“Jiwa Korsa ini bukan hanya tentang memenangkan medali atau trofi, tapi juga tentang semangat kebersamaan dan sportivitas. Mari kita semua menjunjung tinggi nilai-nilai fair play dan saling menghargai satu sama lain, tidak hanya di atas lapangan, tapi juga di luar lapangan,” kata Capt Wisnu.

Dia berharap, Jiwa Korsa kali ini dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara seluruh Pegawai di lingkungan BPSDM Perhubungan, serta dapat menjadi ajang pembelajaran dan berbagi pengalaman berharga bagi semua peserta. (omy)