Proyek Tol Cimanggis-Cibitung Capai 82,67%, Bakal Tersambung Tahun Ini

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 30/Janu/2024 12:43 WIB
Jalan Tol. (Ist) Jalan Tol. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Progres konstruksi pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah mencapai 82,67%. Dengan begitu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini selesai pada kuartal-II tahun 2024.

Melalui akun Instagram resminya @kemenpupr, menyebut jalan tol ini akan terhubung dengan sejumlah ruas tol di kawasan Jabodetabek. Di mana, ruas tol di Jabodetabek tersebut terkoneksi dengan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Juga:
Pembangunan Tol IKN Segmen Kariangau-SpTempadung Terus Dikebut, Sekarang Masuki Tahap Ini!

Dengan begitu, jalan tol ini dapat meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, terutama menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

"Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung (19,65 km). Dengan progres konstruksi 82,67%, jalan tol ini ditargetkan selesai pada kuartal II 2024," tulis caption di akun Instagram PUPR, Senin (29/1/2024).

Baca Juga:
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Segera Dibuka, Seluruh Jaringan JORR 2 Terkoneksi

Selain itu, jalan tol ini juga menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi dan menghubungkan dengan 5 ruas tol yang tergabung dalam Jalan Tol JORR 2.

Seperti diketahui, dari total 26,18 km Tol Cimanggis-Cibitung, saat ini yang sudah beroperasi adalah seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya 3,17 Km dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,78 km.

Baca Juga:
Pekerjaan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 Terus Kebut, Sisa 19,8 Km Lagi

"Kehadiran Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan menambah kapasitas jalan di Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi," lanjutnya.

Sebelumnya, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mengatakan total progress suplai seksi 2 telah mencapai 89,9%. WSBP merupakan kontraktor proyek untuk menyuplai pada proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (CCTW) Seksi 2 sepanjang 23,3 km.

"Hingga saat ini total progress suplai seksi 2 mencapai 89,9%," ujar Vice President of Corporate Secretary WSBP, Fandy Dewanto, dalam keterangannya, Jumat (26/1/2024).

Harapannya setelah tol ini rampung, dapat menghemat waktu perjalanan, mendorong lebih cepat laju pengiriman logistik dan memudahkan mobilitas masyarakat, dan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar.(fhm)