Bus dengan Layanan BTS Hadir di Kota Bekasi Awal Maret

  • Oleh : Naomy

Kamis, 01/Feb/2024 18:26 WIB
MoU BPTJ dan Walikota Bekasi untuk BTS MoU BPTJ dan Walikota Bekasi untuk BTS

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Setelah penandatanganan nota kesepakatan yang dilakukan pada 4 September 2023 antara Walikota Bekasi dengan Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), maka penyelenggaraan pengoperasian angkutan Umum Perkotaan dengan Skema Pembelian Layanan (Buy The Service) di Kota Bekasi segera hadir awal Maret 2024. 

Tindaklanjut tersebut dilakukan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Angkutan BPTJ Tatan Rustandi dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Zeno Bachtiar disaksikan Sekretaris BPTJ Marta Hardisarwono di Kantor BPTJ, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga:
BPTJ Gelar Rapat Persiapan Operasi Angleb 2024 di Wilayah Jabodetabek

Tatan mengatakan, BPTJ mengucapkan terima kasih atas peran serta dukungan dari Pemkot Bekasi dalam pelaksanaan layanan angkutan umum dengan mekanisme BTS.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan implementasi serta legal basic dari pelaksanaan BTS. Ini merupakan salah satu program andalan BPTJ dalam rangka memodernisasi peradaban transportasi di Bodetabek yang saat ini sudah berjalan di kota Bogor,” ungkap Tatan.

Baca Juga:
Bersama BPTJ, Komisi V DPR Tinjau Kesiapan Angleb di Terminal Baranangsiang & Poris Plawad

Berdasarkan join survey yang dilakukan sebelumnya, telah ditetapkan Kota Bekasi akan mendapatkan satu koridor BTS dari BPTJ yaitu koridor Summarecon Bekasi - Vida.

"Sebagai prioritas pada tahap awal ini diputuskan untuk koridor pertama mengikuti jalur Vida – Summarecon yang rencananya akan mulai beroperasi pada awal Maret tahun ini. Setelahnya secara bertahap nanti diminta tambah lagi koridornya," kata dia. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Setelah nota kesepakatan ini maka langkah berikutnya Dinas Perhubungan Kota Bekasi akan mensosialisasikan kepada badan hukum angkutan umum dan masyarakat pengguna secara massif dan sistematis baik secara langsung maupun melalui media cetak, website atau media sosial. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Zeno Bachtiar menyampaikan beberapa hal terkait persiapan penyelenggaraan BTS di Kota Bekasi. 

“Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada BPTJ atas sinerginya dengan Pemerintah Kota Bekasi dalam menggalakan program BTS di Kota Bekasi. Semoga dengan program di satu koridor ini akan semakin membuka aksesibilitas ruas dan titik-titik simpul di Kota Bekasi. Kemudian selanjutnya yang harus dipersiapkan juga adalah mengenai sosialisasi kepada warga. Bersama dengan semua elemen terkait harus membuat konsep yang rapi dan sistematis sehingga nanti disambut dengan antusias oleh warga,” ujar Zeno.

Dengan hadirnya layanan BTS di Kota Bekasi ini diharapkan masyarakat bisa merasakan modernisasi peradaban transportasi serta dapat merata di kota-kota lainnya di Bodetabek, sehingga akan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi umum. (omy)