Plt Kepala BPSDMP Sampaikan Core Value Generasi Emas di Pembukaan Diklat Pembangunan Karakter CPNS

  • Oleh : Naomy

Senin, 05/Feb/2024 22:25 WIB
Diklat pembangunan karakter CPNS di Ciwidey Diklat pembangunan karakter CPNS di Ciwidey


BANDUNG (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembangunan Karakter Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Perhubungan Tahun 2024 di Balai Diklat Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT) Ciwidey, Bandung, Senin (5/2/2024).

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPSDMP Capt. Wisnu Handoko. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

"PNS memiliki peran strategis dalam tata kelola pemerintahan dan penyelenggaraan transportasi nasional. Oleh karena itu dibutuhkan pegawai yang memiliki karakter kuat dan beretika dalam mencapai visi misi organisasi," tuturnya. 

Kemenhub diharapkan memiliki PNS yang mempunyai nilai dasar, etika profesi, bebas intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Untuk itu, BPSDMP telah mencanangkan Core Value Gold Gen (Gold Generation) BPSDMP "Proprestasi" (Problem Solver, Responsive, Oriented to Goal, Profesional, Reform, Ethic, Sustainable, Transform, Attitude, Standar Global, Integrity).

Dia juga mengatakan bahwa perlunya sebuah penyelenggaraan pelatihan yang inovatif dan terintegrasi, yang memadukan pembelajaran klasikal di tempat pelatihan dan non-klasikal di tempat kerja, sehingga peserta mampu menginternalisasi, menerapkan, dan mengaktualisasikan, serta membuatnya menjadi kebiasaan (habituasi).

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

“Dengan demikian, akan terasa manfaatnya, terpatri dalam dirinya sebagai karakter PNS yang bekerja sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat serta pemersatu bangsa," lanjutnya. 

Pada diklat yang diselenggarakan selama 83 jam pelatihan ini, para peserta akan dibekali pengetahuan berupa visi, misi dan budaya organisasi, wawasan kebangsaan dan nilai Pancasila, teknologi kewirausahaan dan inovasi, komunikasi dan PNS yang Agile serta materi Self Assessment dan Team Building oleh para narasumber, praktisi, fasilitator BP3KSDMT, dan Para Pelatih dari Kodiklat TNI AD Bandung.

Kepala BP3KSDMT Sindu Rahayu menyampaikan, jumlah peserta yang mengikuti diklat ini sebanyak 2.099 CPNS Tahun 2024 yang dibagi dalam empat tahap, mulai 4 Februari hingga 8 Maret 2024. 

“Diklat ini merupakan implementasi Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Harapannya para lulusan dapat menjadi generasi emas Indonesia yang mengemban tugas melayani masyarakat secara profesional," ungkapnya. (omy)